nusabali

Hebat, Desa Bukti Juara Proklim Nasional

  • www.nusabali.com-hebat-desa-bukti-juara-proklim-nasional

SINGARAJA, NusaBali
Prestasi luar biasa ditorehkan oleh Pemerintah Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng.

Desa yang peduli pada lingkungan hidup ini dinobatkan sebagai juara Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional 2020.

Bukan hal yang mengejutkan, karena Pemerintah Desa dan masyarakat setempat memang punya perhatian pada lingkungan. Terbukti pada 2016, pernah menjadi juara III nasional di ajang yang sama.

Trofi dari Kementerian Lingkungan Hidup itu diserahkan melalui Bupati Buleleng Putu Agus Suradyana kepada Perbekel Desa Bukti Gede Wardana di halaman Kantor Bupati Buleleng, Selasa (10/11).

Bupati Agus Suradnyana memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Bukti yang telah mampu berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan. Ditambahkan, sekarang ini sudah banyak masyarakat mulai sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan, sehingga di Buleleng cukup banyak program-program dan inovasi dari berbagai lapisan masyarakat untuk menjaga kelestarian alam.  Bupati berharap langkah-langkah pelestarian alam tetap berlangsung dengan melibatkan generasi muda sebagai penerus bangsa.

Sementara itu  Perbekel Gede Wardana mengaku bangga atas penghargaan tingkat nasional yang telah diterima, terlebih tahun ini meraih Juara I. “Kami bisa meraih prestasi ini berkat partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat Desa Bukti,” ujarnya.

Disinggung terkait inovasi pelestarian lingkungan ke depannya, Gede Wardana mengaku berupaya untuk mempertahankan raihan Juara I Proklim, dengan mengembangkan salah satu produk buah lokal unggulan yang sekarang bernama Banana Smart Village. “Sekarang kami sedang mengembangkan kualitas pisang di Dusun Sanih, Desa Bukti. Kami berharap masyarakat Buleleng tertarik berkunjung ke desa kami,” harapnya.

Untuk diketahui, selain Penghargaan Proklim Lestari di Desa Bukti sebagai Juara 1 Tingkat Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI juga memberikan Sertifikat penghargaan Proklim Utama di lima desa di Kabupaten Buleleng, di antaranya Desa Penuktukan Kecamatan Tejakula, Desa Lemukih Kecamatan Sawan, Desa Panji Kecamatan Sukasada, Desa Tigawasa Kecamatan Banjar dan Desa Kedis, Kecamatan Busung Biu.  *

Komentar