nusabali

Draf Perbup PAUD Tunggu Masukan

  • www.nusabali.com-draf-perbup-paud-tunggu-masukan

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng masih menyusun draf Peraturan Bupati (Perbup) tentang Penyelenggaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Satu Tahun Pra Sekolah Dasar.

Sebelum diajukan ke Bagian Hukum Setda Kabupaten Buleleng untuk dikoreksi kembali, draf ini masih terbuka terhadap usulan tambahan sebelum diputuskan final. “Diharapkan sumbangan ide dan inovasi dalam menyempurnakan draft yang telah disusun sebelumnya,” harap Kepala Disdikpora Buleleng Made Astika, Rabu (11/11).

Perbup pendukung pencanangan Generasi Emas 2045 ini fokus pada pendidikan dan penanaman karakter. Penusunan draf Perbup difasilitasi oleh Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud RI menyasar anak usia 0-6 tahun. “Pada masa ini mereka akan ditempa mentalnya, diberikan rangsangan pendidikan awal sesuai dengan tahap perkembangan anak melalui kegiatan pembiasaan atau sering kita dengar dengan istilah bermain sambil belajar. Pemberian rangsangan pendidikan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani anak,” ucap Astika.

Anak yang matang secara jasmani dan rohani akan memiliki kesiapan saat memasuki pendidikan dasar.Jenjang PAUD terdiri dari empat layanan program yakni Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis. Jika dilihat dari data kelembagaan di Kabupaten Buleleng sampai saat terdapat 30 lembaga TK Negeri, 190 Lembaga TK swasta, 37 Lembaga Kelompok Bermain dan 10 Lembaga Taman Penitipan Anak. Lembaga tersebut tersebar di setiap Desa/Kelurahan sehingga program 1 Desa 1 PAUD telah tercapai. *k23

loading...

Komentar