nusabali

Buleleng Siagakan Pasukan Tanggap Bencana dan Sarpras

  • www.nusabali.com-buleleng-siagakan-pasukan-tanggap-bencana-dan-sarpras

SINGARAJA, NusaBal
Memasuki musim hujan, Pemkab Buleleng menyiagakan pasukan tanggap bencana serta sarana dan prasarana (Sarpras) untuk menghadapi dan mengantisipasi bencana.

Apel penyiagaan pasukan dilangsungkan, Selasa (10/11), di Taman Kota Singaraja. Apel turut melibatkan personel gabungan dari Polres Buleleng, Kodim 1609/Buleleng, Satpol PP Buleleng, BPBD Buleleng, Basarnas Buleleng, Dinas Pemadam Kebakaran Buleleng, Dishub Buleleng, Sat Pol Air, dan Dinas Kesehatan Buleleng. Apel dipimpin Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Bupati Agus Suradnyana mengatakan, semua pihak dituntut untuk memahami situasi sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana, dan setelah terjadi bencana. Petugas yang terlibat dalam pola penanganan bencana sudah seharusnya siap siaga tanggap bencana dan all out untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari bencana. "Apel dilaksanakan untuk mensinergikan seluruh stakeholder, utamanya Pemda, Polri, TNI, Basarnas, BPBD agar lebih tanggap terhadap bencana dan lebih pada antisipasi," ujar Agus Suradnyana. Dia menyebutkan, seluruh instansi terkait sudah siap untuk menghadapi dan menanggulangi jika terjadi bencana di Buleleng.

Apel itu juga diselenggarakan untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana di Buleleng. Mulai dari kesiapan personel, Sarpras, serta dukungan logistik dan lainnya. "Semua sudah siap karena kita setiap tahun memang harus selalu waspada. Sehingga nantinya masyarakat tidak terlalu berat jika terjadi bencana," pungkasnya.

Di sela-sela apel tersebut, Bupati Agus Suradnyana juga berkesempatan menyerahkan secara simbolis 184.000 masker kepada seluruh kecamatan, dan desa adat di wilayah Buleleng.*cr75

Komentar