nusabali

DLH - Koramil Jernihkan Udara Dengan Ecoenzym

  • www.nusabali.com-dlh-koramil-jernihkan-udara-dengan-ecoenzym

SINGARAJA, NusaBali
Peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11), disambut dengan cara berbeda oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng.

Menggandeng Koramil Buleleng, peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan dengan penyemprotan ecoenzym untuk menjernihkan udara di wilayah perkotaan. 15.000 liter eco enzyme disemprotkan dengan rute dari markas Koramil Buleleng di Jalan Ayani, Kelurahan Kaliuntu Kecamatan/Kabupaten Buleleng, menuju Jalan Diponegoro, Jalan Erlangga, Jalan Imam Bonjol, Jalan Gajah Mada, Jalan Veteran, Jalan Ngurah Rai, Jalan Udayana, Jalan Sudirman, dan kembali ke markas Koramil Buleleng.

Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, DLH Buleleng, Cokorda Aditya Wiraputra mengatakan kegiatan penjernihan udara dengan penyemprotan eco enzyme itu merupakan tindak lanjut atas giat DLH dan Komunitas Eco Enzyme beberapa waktu lalu. Setelah melakukan sosialisasi kepada ibu Persit Koramil Buleleng dan cara pembuatan eco enzyme lanjut diaplikasikan dengan langsung. “Hal ini akan kami sambung lagi dengan mengambil momentum hari penanaman pohon pada akhir November,” terangnya.

Meski belum ada hasil yang didukung data pasti seberapa efektif upaya penjernihan udara dengan ecoenzim, uji coba ini tetap dilakukan dengan optimisme. Sama halnya dengan uji coba penjernihan Tukad Buleleng yang saat ini masih dilakukan dengan penuangan langsung eco enzyme. Sedangkan penjernihan udara dilakukan dengan penyemprotan eco enzyme yang dicampur dengan air dan disemprotkan menggunakan mobil pick up.

Danramil Buleleng Kapten Infanteri I Wayan Nada mengapresiasi sinergitas antara TNI dan DLH dalam rangka memperingati hari pahlawan. Terkait pelatihan eco enzyme yang didapat ibu persit beberapa waktu lalu, Danramil Wayan Nada mengimbau agar kegiatan tersebut tetap diterapkan. Terutama sebagai upaya menjaga lingkungan dan mengurangi penggunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. “Koramil Buleleng sangat mendukung kegiatan ini, dimana Kota Singaraja ini sudah banyak polusi, supaya kita bisa lebih segar dan sehat. Ini juga bertepatan dengan peringatan hari pahlawan, jadi momentumnya pas,”ungkapnya. *k23

Komentar