nusabali

Lolos Garuda Select III, Siap ke Inggris

  • www.nusabali.com-lolos-garuda-select-iii-siap-ke-inggris

DENPASAR, NusaBali
I Putu Dipa Yogi Arta akhirnya lolos seleksi Garuda Select III. Centerback SSB Putra Tresna akan diberangkatkan untuk mengikuti training camp di Inggris hingga Mei 2021.

Hanya saja jadwal keberangkatan belum bisa dipastikan. Dalam seleksi yang diadakan di Stadion Pakan Sari Bogor Jawa Barat pekan lalu, Yogi Arta memiliki nilai plus dengan postur tubuh menjulangnya mencapai 180 cm sehingga diharapkan menjadi tembok kokoh Timnas U-16.  Yogi Arta sendiri adalah keponakan dari penjaga gawang Made Wirawan, eks kiper Timnas yang kini masih aktif sebagai kiper Persib Bandung.

Owner Putra Tresna, I Gusti Anom Jaksa, Selasa (10/11) mengakui jejak karier pemainnya tersebut sangat moncer. Padahal awalnya, dari belajar basic  tendang bola masih diajari. Namun dengan dorongan yang kuat dari orangtua, dan pelatih di SSB Putra Tresna akhirnya Yogi Arta sangat menanjak. "Seingat saya dia daftar gabung Putra Tresna sejak tiga tahun yang lalu. Waktu itu masih usia di bawah 12 tahun, dia langsung gabung di U-12. Tapi sejak tiga tahun lalu itu perkembangannya memang sangat signifikan sampai saat ini," tegas Anom Jaksa.

Anom Jaksa yang juga salah satu Eksekutif Committee Asprov PSSI Bali mengakui, begitu di Putra Tresna akhirnya Yogi Arta sempat melamar di Bali United U-16. Waktu itu dia diterima, hanya saja Bali United tidak mengirimkan tim di U-16. Akhirnya mereka balik lagi ke SSB Putra Tresna Denpasar.

Selama di Putra Tresna dia sering diberikan kesempatan tampil bermain. Lambat laut, permainannya semakin bagus. "Sekarang ini mental berjuang di lapangan hijau memang sangat terlihat untuk Yogi Arta. Selalu tampil all out. Meskipun dia awalnya memiliki sifat pemalu. Tapi kerja keras selalu terlihat di tengah lapangan," tutur Anom Jaksa.

Sementara itu ditempat terpisah pelatih Bali United Youth, Made Pasek Wijaya mengaku sangat bangga Yogi Arta bisa lolos di Garuda Select III. Harapannya, semoga saja anak-anak di Bali semakin termotivasi  mengikuti jejak Yogi Arta. Apalagi sekarang ini anak-anak sangat antusias untuk berlatih. Dan, SSB di Kota Denpasar juga semakin banyak. "Semoga saja Yogi Arta bisa masuk skuat inti Timnas U-16 nantinya," harap Pasek Wijaya. Di satu sisi Putu Dipa Yogi Arta mengaku khusus untuk dia ikut seleksi hanya dua hari saja. Seleksi di Stadion Pakansari Bogor Jawa Barat, pada tanggal 28 - 29 Oktober yang lalu. Dan, hasilnya masuk dalam daftar 21 pemain yang akan menjalani pemusatan latihan di Inggris. "Kalau soal perasaan pastinya senang, bangga, dan sangat terharu juga. Tidak menyangka bisa lolos seleknas Garuda Select III," tutur Yogi Arta.

Dia mengakui kiper Persib Bandung adalah pamannya sendiri. Itu tak lepas dari bapaknya I Wayan Budiarta adalah saudara kandung Made Wirawan. "Kalau Made Wirawan memang benar paman saya. Dia juga sering mensuport saya untuk lebih serius lagi menekuni dunia sepakbola. Dorongan orangtua juga demikian. Makanya disarankan masuk ke SSB Putra Tresna yang memang aktif ikut kejuaraan di level nasional di berbagai kelompok umur," tutur Yogi Arta.

Sementara itu ayahnya, I Wayan Budiarta, justru berharap jangan dipublikasikan dulu anaknya. Semua itu tak lepas dari beberapa kali perubahan yang terjadi menyangkut pemain lolos di Garuda Select III. Dari awalnya dikatakan lolos 39 orang, kemudian berubah ke 26 orang. Dan, terakhir terus menciut menjadi 21 orang lolos Garuda Select III. "Saya belum berani komentar terlalu banyak. Nanti takutnya ada perubahan lagi. Kalau sudah clear dan surat lolos sudah kami terima, baru saya mau bicara. Saat ini saya tunggu hasil kepastian lolos dulu. Biar ada surat resminya. Termasuk soal rencana pemusatan latihan di Inggris. Dimulai sampai kapan dan tanggal berapa berangkat. Itu kami tunggu dulu," kilah Budiarta. Pihaknya tidak ingin setelah disampaikan ke media, malah kembali terjadi perubahan lagi soal jumlah pemain yang lolos pemusatan latihan ke Inggris. "Kalau dengarnya anak saya memang dikatakan lolos. Tapi surat resminya itu kami masih tunggu soal pemanggilan TC," papar Budiarta. *dek

Komentar