nusabali

Tanggap Bencana di Jembrana, Pastikan Kesiapan Sarpras

  • www.nusabali.com-tanggap-bencana-di-jembrana-pastikan-kesiapan-sarpras

NEGARA, NusaBali
Polres Jembrana bersinergi dengan Pemkab Jembrana menggelar  apel kesiapan penggelaran sarana prasarana (sarpras) dan personel dalam rangka antisipasi bencana alam, Selasa (10/11).

Apel di halaman belakang GOR Krisna Jvara, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, ini bertujuan memastikan kesiapsiagaan serta antisipasi bencana alam. Khususnya jelang musim hujan yang diperkirakan akan semakin meningkat pada akhir tahun 2020 ini.  

Selain dari Polres dan sejumlah OPD terkait di Pemkab Jembrana, apel ini juga diikuti petugas gabungan dari unsur TNI, SAR, serta BMKG. Bertindak selaku pimpinan apel, Bupati Jembrana I Putu Artha, yang juga memimpin  inspeksi kesiapan sarpras bersama Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, dan Kasdim 1617/Jembrana Mayor Inf I Gusti Made Seputra.

Selain mengecek kesiapan sarpras, juga mengecek para personel kebencanaan yang bertugas pada setiap unit masing-masing di Jembrana. Pengecekan dilakukan secara menyeluruh. Diawali sarpras dan personel SAR, Tagana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Damkar, Pol PP, Perhubungan termasuk sarpras dan personel dari TNI/Polri.

Bupati Artha mengapresiasi upaya Polres Jembrana dalam mempersiapkan penggelaran sarpras dan personel kebencanaan ini. Pengecekan sangat penting dilakukan, untuk memastikan sanpras maupun personel kebencanaan selalu siap ketika dibutuhkan.

Bupati Artha menambahkan, pengurangan risiko bencana dan penanggulangan bencana, bukan menjadi tanggung jawab dari pemerintah. Namun perlu antisipasi dari semua pihak. Untuk itu, dirinya berharap seluruh masyarakat juga melakukan berbagai langkah antisipasi. “Salah satunya melalui peningkatan gotong-royong yang telah menjadi sumber kekuatan keamanan di antara warga bersama aparat terkait. Dalam pelaksanaannya, tentu juga tetap menerapkan protokol kesehatan. Mengingatkan mengenai pandemi Covid-19 yang masih berlangsung,” ucapnya. *ode

Komentar