nusabali

Rizieq Shihab Pulang, Ribuan Massa Macetkan Bandara Soekarno Hatta

  • www.nusabali.com-rizieq-shihab-pulang-ribuan-massa-macetkan-bandara-soekarno-hatta

JAKARTA, NusaBali
Setelah 3,5 tahun bermukim di Arab Saudi, akhirnya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tiba di Indonesia pada Selasa (10/11) pagi.

Kedatangan Rizieq itu pun dipenuhi ribuan massa pendukung yang sejak Senin (9/11) malam, bergerak.  Tak ayal sejumlah penumpang pun mengalami kesulitan akses karena kepadatan lalu-lintas menuju Bandara Soekarno Hatta, sehingga sejumlah maskapai, sebagaimana dikutip Antara,  telah mengkonfirmasi dapat dilakukannya rescheduled atau refund adalah Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia dan Citilink.

"Kebijakan maskapai ini sebagai langkah antisipasi agar penumpang pesawat dapat tetap melakukan perjalanan di waktu yang berbeda," kata Haerul Anwar, Plt Senior Manager Branch & Communication Bandara Soekarno-Hatta Haerul Anwar di Tangerang, Banten, Selasa (10/11).

Perlu diketahui lalu-lintas menuju Bandara Soekarno-Hatta Tangerang saat terpantau padat karena adanya massa yang melakukan penjemputan Habib Rizieq Shihab. Kepadatan sudah terjadi sejak malam hingga pagi hari. Kendaraan yang akan masuk ke kawasan Bandara Soetta tak bisa melalui kerumunan massa.

Para simpatisan dari sejumlah daerah, yang sebagian datang menggunakan bus pada Senin malam (9/11), memadati jalan menuju Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. "Sudah dari malam kumpul di ponpes dekat bandara. Jamaah kumpul di sana semua dan pagi ini setelah subuh kita langsung menuju bandara bersama jamaah lain," kata Sulaiman, simpatisan yang datang dari Bandung.



Rizieq Shihab sendiri tiba di terminal kedatangan 3  dari Jeddah menggunakan pesawat Saudi Airlines, mendarat di landasan Bandara Soetta sekitar pukul 08.40 WIB. Begitu keluar dari Terminal 3, Rizieq langsung disambut massa. Tampak para petinggi FPI dan PA 212 hadir di lokasi bersama jamaah. Di antaranya, Slamet Maarif dan Novel Bamukmin. Setelah itu Rizieq langsung naik mobil yang telah disiapkan untuk menuju ke kediamannya di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta aparat kepolisian agar tak berlebihan mengamankan kepulangan Rizieq Shihab. "Aparat tidak usah terlalu berlebih-lebihan ini masalah biasa saja anggap hal yang reguler," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (9/11).

Sementara itu pengamat Hukum Universitas Indonesia (UI) Chudry Sitompul menyebutkan banyak pihak yang mempertanyakan apakah setelah ini polisi akan kembali memproses kasus hukum yang banyak dituduhkan kepada Rizieq Shihab sekembalinya ke Indonesia.
 
Chudry Sitompul menilai kasus hukum yang dituduhkan kepada Rizieq tidak lantas batal hanya karena ia berada di negara lain.‎  "Selama belum ada SP3 (Surat Perintah Penghentian Penyidikan), kasusnya masih terus jalan. Tidak menghilangkan status hukum," kata Chudry.
 
Kalaupun sudah di-SP3 atau dihentikan, bisa dibuka kembali asalkan ada bukti-bukti baru. Kalau Rizieq tidak terima kasus yang menjeratnya kembali dibuka, bisa mengajukan praperadilan.‎ Chudry berharap polisi transparan jika kasus Rizieq ditindaklanjuti lagi. Sehingga bisa menghilangkan persepsi buruk pada kepolisian. "Memang perlu transparan, kan nanti juga ada pengacaranya kalau misalnya dia jadi tersangka. Jadi hak setiap orang didampingi. Kalau misalnya jadi saksi tidak harus didampingi," katanya.
 
Rizieq meninggalkan Indonesia saat kasus dugaan chat pornografinya bersama Firza Husein menyeruak. Saat itu Rizieq ditetapkan tersangka oleh Polda Metro Jaya, namun kemudian dihentikan atau SP3.
 
Pada November 2015, Rizieq diadukan Angkatan Muda Siliwangi ke Polda Jawa Barat karena mempelesetkan salam Sunda 'sampurasun'‎‎. Selain itu, ‎ia sempat menjadi tersangka kasus dugaan penodaan Pancasila, namun prosesnya dihentikan oleh Polda Jawa Barat. ‎*ant

FOTO-FOTO TERKAIT:

Sejumlah kendaraan terjebak macet di Tol Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). Kemacetan tersebut diakibatkan penumpukan massa di daerah Tol Bandara saat penyambutan kedatangan Habib Rizieq Shihab (HRS). .-ANTARA 

Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq Shihab di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). .-ANTARA

Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq Shihab di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). .-ANTARA

Komentar