nusabali

Yayasan English Corner Desa Sidetapa Bedah Rumah Warga

  • www.nusabali.com-yayasan-english-corner-desa-sidetapa-bedah-rumah-warga

SINGARAJA, NusaBali
Peringatan Hari Pahlawan 10 November mulai dilakukan sejumlah masyarakat di Buleleng melalui berbagai kegiatan sosial.

Pandemi Covid-19 yang masih menyelimuti peringatan Hari Pahlawan tahun ini tak menyurutkan semangat gotong royong. Seperti yang ditunjukkan sejumlah anak muda yang tergabung dalam Yayasan English Corner.

Kegiatan sosial tersebut diwujudkan melalui bedah rumah untuk salah seorang warga bernama Putu Tenggut di Banjar Dinas Lakah, Desa Sidetapa, Kecamatan Banjar, Buleleng, Senin (9/11). Kegiatan dengan menggandeng masyarakat sekitar ini merupakan program Yayasan English Corner dalam rangka membantu warga yang kurang mampu.

Founder English Corner, Komang Rena mengatakan kegiatan Rehab rumah tersebut sebagai wujud keprihatinan kepada sesama warga desa. "Hari ini kami melakukan kegiatan gotong royong bedah rumah milik salah satu warga. Kehiayan ini sebagai semangat gotong royong mengisi hari Pahlawan," ujarnya.

Bedah rumah dilakukan mengingat rumah yang ditempati Putu Tenggut selama 20 tahun ini kondisinya sudah tidak layak huni. Rumah yang dihuni bersama anak semata wayangnya bernama Putu Agus tersebut beratapkan seng yang sudah bolong. Tembok dan kerangka rumah yang terbuat dari papan anyaman sudah lapuk sehingga ditambal lagi dengan anyaman.

"Kami dari yayasan melihat kondisi rumah yang sudah tidak sangat layak huni dalam situasi saat ini. Dengan kondisi rumah seperti itu dan mengingat saat ini cuaca yang juga tak menentu seperti hujan dan angin kencang, kami mengkhawatirkan terjadi sesuatu kepada mereka," ujar Komang Rena.

Dia mengatakan dana bedah rumah tersebut didapatkan dari donasi yang dikumpulkan sebesar Rp 10 juta. Pelaksanaan bedah rumah kali kedua ini juga dilakukan secara bergotong royong dengan masyarakat sekitar. "Jadi untuk dana kami galang dari beberapa donatur. Untuk lahan yang digunakan adalah milik Pak Tenggut sendiri," tandasnya.

Di sisi lain, kegiatan sosial yang dilakukan Yayasan English Corner ini mendapat apresiasi dari pemerintah desa setempat. Perbekel Desa Sidetapa, Ketut Budiasa menyampaikan pihak desa sudah mengajukan program rehab rumah untuk Putu Tenggut ke Disperkimta. Sejatinya rumah tersebut direncanakan akan direhab pada 2019 lalu.

"Namun yang bersangkutan belum memiliki lahan, sedangkan lahan yang ditempati rumah tersebut masih milik warga sekitar," katanya. Rumah tersebut pun kembali direncanakan akan direhab pada tahun 2020 ini menggunakan anggaran APBDes. Namun rencana tersebut mesti ditunda lagi lantaran dana program rehab rumah dialihkan ke penanganan Covid-19.

Ketut Budiasa menambahkan, Dengan rehab rumah yang dilakukan yayasan ini warganya lebih cepat mendapatkan hunian yang lebih layak dari sebelumnya. "Sekarang yang bersangkutan sudah memiliki lahan sendiri. Kami pun merencanakan merehab rumah tersebut tahun depan agar lebih layak lagi," tutup dia.*cr75

loading...

Komentar