nusabali

Koleksi Benda-Benda Pelaku Sejarah Dipamerkan

  • www.nusabali.com-koleksi-benda-benda-pelaku-sejarah-dipamerkan

DENPASAR, NusaBali
Benda-benda peninggalan para pejuang di Bali menjadi memorabilia yang tak terpisahkan dalam upaya kemerdekaan Republik Indonesia.

Menyambut Hari Pahlawan, benda-benda bersejarah itu dipamerkan di Monumen Perjuangan Rakyat Bajra Sandhi Denpasar. Dalam pameran yang berlangsung 10-20 November 2020, benda-benda peninggalan antara lain berupa seragam tentara, senjata, mesin tik kuno, hingga kamera tempo doeloe seolah mengajak berjalan di situasi lampau.


Pembukaan Pameran Koleksi Benda-Benda Pelaku Sejarah dilakukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Wayan Kun Adnyana, Selasa (10/11), dengan penancapan keris ke batu, dan dilanjutkan dengan pemotongan pita yang menuju ke ruang pameran.

Secara keseluruhan terdapat benda-benda peninggalan 17 pahlawan kemerdekaan di Bali yang dulunya digunakan saat memperjuangkan kemerdekaan di Bali.
 
Turut hadir para keturunan dari 17 pahlawan yang benda-benda peninggalannya ditampilkan pada pameran ini.  "Jadi ini kami ikhtiarkan untuk generasi muda Bali, kalangan milenial, untuk bisa mengapresiasi sekaligus bisa membangun memori terkait dengan jiwa-jiwa kepahlawanan oleh pahlawan kemerdekaan di Bali ini," ujar I Wayan Kun Adnyana.*cr74

loading...

Komentar