nusabali

Swab Massal Pegawai Pemkab Rencana Dimulai Rabu Besok

  • www.nusabali.com-swab-massal-pegawai-pemkab-rencana-dimulai-rabu-besok

NEGARA, NusaBali
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Jembrana berencana memulai tes swab massal terhadap para pegawai pemkab, Rabu (13/11) besok.

Swab massal dalam upaya penguatan penanganan Covid-19 itu, akan dilaksanakan bersamaan dengan swab massal personel Polres Jembrana. Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, mengatakan swab jajaran personel Polres Jembrana yang dimulai sejak Senin (2/11) lalu, saat ini masih berlangsung. Hingga awal pekan ini, sudah ada sekitar 200-an personel Polres yang telah di-swab. “Yang Polres masih banyak. Total personel Polres, kalau tidak salah kemarin kami terima data, ada sekitar 800-an orang,” ujar Arisantha, Senin (9/11).

Menurut Arisantha, terkait jadwal pelaksanaan swab kepada aparat kepolisian maupun pegawai pemkab, dijadwalkan 3 kali tiap pekan sesuai agenda rutin tes swab selama ini. Yakni pada Senin, Rabu, dan Jumat, dengan lokasi di wantilan Hotel Jimbarwana, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara. Pelaksanaannya juga sekalian dengan tes swab terhadap para warga yang sempat kontak erat dengan pasien Covid-19. Namun untuk waktu antara yang kontak erat dengan jajaran aparat itu dipisahkan. “Sehari tadi (kemarin), ada 75 orang yang di-swab. Di antaranya 37 masyarakat yang kontak erat, dan 38 anggota Polri,” ucap Arisantha.

Khusus jajaran pegawai di Pemkab Jembrana, kata Arisantha, rencananya mulai tes swab pada Rabu (13/11). Begitu juga dalam setiap pelaksanaan swab itu, juga secara bertahap diikuti jajaran TNI dari Kodim 1617/Jembrana. “Ya rencana Rabu nanti, sudah mulai dilaksanakan untuk para ASN di pemkab. Nanti jumlahnya diatur sesuai kemampuan tim swab yang kami miliki saat ini. Kalau kemampuan setiap pelaksanaan swab, bisa mengambil sampel antara 90-100 orang. Kalau semisal nanti yang kontak erat sedikit, bisa lebih banyak kita ambil untuk ASN dan TNI/Polri,” ujar Arisantha yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Jembrana.

Dari pelaksanaan tes swab massal sementara ini, kata Arisantha, ada yang hasil swabnya positif Covid-19. Namun jumlahnya tidak banyak. Semisal nantinya banyak yang terkonfirmasi positif Covid-19, untuk tempat isolasi dipastikan masih cukup. Di samping tempat isolasi di RSUD Negara maupun tempat isolasi di sejumlah puskesmas yang dimiliki di Jembrana saat, dari Pemprov Bali yang menginstruksikan peningkatan testing dalam upaya penguatan penanganan Covid-19 ini, juga telah mempersiapkan tempat isolasi cadangan. “Sudah dipersiapkan. Astungkara (syukur), sampai saat ini, jumlah yang positif Covid-19 juga sudah menurun,” tutur Arisantha.

Untuk diketahui, sesuai data harian Senin kemarin, ada tambahan 4 kasus baru positif Covid-19 dan 4 pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh. Dengan tambahan itu, kini jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Jembrana adalah 473 kasus dengan 450 orang di antaranya telah sembuh. Kemudian yang meninggal dunia 11 orang, dan tersisa 12 orang yang masih dirawat. Total 12 orang yang masih dirawat itu, 9 orang dirawat di ruang isolasi RSUD Negara, 1 orang di puskesmas, 1 orang isolasi hotel di Denpasar, dan 1 orang masih proses rujukan isolasi ke RSUD Negara. *ode

Komentar