nusabali

Donor Darah, Komunitas Semok Kumpulkan 84 Kantong

  • www.nusabali.com-donor-darah-komunitas-semok-kumpulkan-84-kantong

DENPASAR, NusaBali
Berbulan-bulan ‘sulit’ mendapatkan pendonor pada masa pandemi, PMI Provinsi Bali bersyukur dengan kegiatan donor darah komunitas Semok.

Komunitas Semok ini adalah kumpulan pengendara Yamaha XMax yang bernama resmi XMOC (XMax Owner Community) Bali. “Dari 98 orang yang ingin mendonorkan darahnya, sebanyak 84 orang memenuhi persyaratan mendonorkan darahnya,” kata Kepala Divisi Pelayanan Kesehatan PMI Bali, Eko Wardani,  Sabtu (7/11).

Kegiatan donor darah sendiri sebenarnya bukan hal yang baru bagi para penunggang matic 250cc Yamaha XMax. Karena sebelumnya sudah rutin digelar sebagai agenda tiap empat bulanan, dan terakhir diselenggarakan pada Desember 2019. “Mestinya sudah digelar lagi bulan Maret atau April lalu, tapi terkendala pandemi,” kata Gusti Gede Winasa, Ketua XMOC Bali.

Eko Wardani mengakui bahwa pada saat ini kebutuhan darah cukup tinggi, sedangkan stok darah di PMI Provinsi Bali kurang mencukupi. Maka kegiatan donor darah oleh XMOC ini sangat membantu masyarakat. “Tujuan XMOC dan PMI sama, yaitu membantu masyarakat yang memerlukan darah. PMI memfasilitasi XMOC dan masyarakat agar darah yang disumbangkan dapat ditransmisikan dengan aman kepada pasien sehingga dapat menjadi salah satu obat bagi kesembuhan pasien. Karena itu PMI mengucapkan terimakasih kepada XMOC dan para pendonor semuanya,” kata Eko Wardani.

Dalam kegiatan donor darah yang dilangsungkan di Yamaha DDS Bali Jalan Diponegoro, Dauh Puri Kangin Denpasar, bukan hanya anggota komunitas XMOC saja yang berpartisipasi, melainkan juga klub otomotif lain serta masyarakat umum. Khusus donor kali ini dirangkaikan dengan Hari Pahlawan, 10 November. “Donor darah itu sehat, berkarma baik, dan  berpahala. Satu kantong darah yang kita sumbangkan dapat digunakan untuk menolong empat orang yang memerlukan,” kata Winasa.*mao

Komentar