nusabali

Kesembuhan Covid-19 Capai 92,12 Persen

PMI Bantu Penyemprotan Disinfektan

  • www.nusabali.com-kesembuhan-covid-19-capai-9212-persen

Perkembangan kasus Covid-19 di Buleleng yang landai membuat tingkat kesembuhan semakin meningkat.

SINGARAJA, NusaBali
Hingga Minggu (8/11), Satgas Penanganan Covid-19 di Buleleng menyatakan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 mencapai 92,12 persen. Di sisi lain pencegahan penyebaran kasus konfirmasi baru terus ditekan bekerjasama dengan seluruh stakeholder termasuk PMI Buleleng yang rutin membantu penyemprotan disinfektan setiap hari.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng I Ketut Suweca memaparkan jumlah kasus konfirmasi positif baru yang muncul Minggu (8/11) berjumlah 6 orang. Jumlah tersebut tersebar sebanyak 3 orang dari Kecamatan Banjar, 2 orang dari Kecamatan Buleleng dan 1 orang dari Kecamatan Seririt. Sedangkan jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 7 orang. Lima di antaranya berasal dari Kecamatan Gerokgak dan 2 orang dari Kecamatan Buleleng.

“Jumlah kasus konfirmasi sebanyak 1.067 orang dengan jumlah sembuh 983 orang, 53 meninggal dunia dan masih menjalani perwatan 31 orang. Dengan data ini persentase kesembuhan pasien terus meningkat mencapai 92,12 persen mudah-mudahan terus meningkat lagi sehingga Buleleng segera terbebas dari Covid-19,” jelas Suweca yang juga Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Kominfo-santi) Buleleng.

Sementara itu upaya pencegahan terus dilakukan secara serentak di wilayah Buleleng. Selain dilakukan Satgas kabupaten, desa adat, juga PMI Buleleng. Puluhan relawan PMI disiapkan membantu proses pencegahan dengan penyemprotan disinfektan. Bahkan puluhan relawan PMI bergerak setiap hari dengan alat penyemprotan disinfektan skala kecil sesuai permintaan. Mulai dari perkantoran, desa, hingga tempat ibadah.

Kepala Markas PMI Buleleng, Made Pasek Yasa saat mendampingi relawannya melakukan penyemprotan di dalam perkantoran Setda Buleleng Minggu (8/11) sore, mengatakan setiap harinya PMi menyiagakan 1.000 liter disinfektan. PMi sejak bulan Maret lalu melayani penyemprotan by request. “Kalau satgas kabupaten menggunakan mesin kami siap dengan alat yang lebih kecil penyemprotan yang digendong untuk menjangkau penyemprotan dalam ruangan dan gang kecil yang tidak bisa dijangkau mobil disinfektan kabupaten,” jelas Pasek Yasa.

Saat ini dengan 10 alat penyemprotan sebanyak 30 relawan PMI disiagakan. Mereka disuport alat dan juga disinfektan serta kendaraan operasional mobil pick up dari PMI Pusat. Pelayanan penyemprotan disinfektan pun disebut Pasek Yasa cukup hanya menghubungi sambungan telepon PMI Buleleng terutama untuk fasilitas umum dan perkantoran. *k23

Komentar