nusabali

Pasar Desa Bugbug Dilengkapi CCTV

  • www.nusabali.com-pasar-desa-bugbug-dilengkapi-cctv

AMLAPURA, NusaBali
Pasar Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem dilengkapi 5 kamera CCTV. Menjadi satu-satunya pasar dari 14 pasar yang punya kamera pengintai.

Tujuannya agar pedagang dan pembeli merasa nyaman karena mampu mencegah terjadinya kriminalitas. Pasar Desa Bugbug buka dari pukul 04.00 Wita hingga 10.00 Wita.  Petugas Pasar Desa Bugbug, I Komang Mustika, menyebutkan pemasangan 5 kamera CCTV untuk memantau kegiatan pasar setiap hari. Kamera CCTV dipasang di tembok kios menghadap ke dalam. Sehingga semua pedagang dan pengunjung bisa terpantau dan terekam. “Kamera CCTV dipasang sejak pasar ini usai direhab tahun 2018,” jelas Komang Mustika, Minggu (8/11).

Tercatat yang jualan sebanyak 109 pedagang. Pengunjung pasar dari Desa Bugbug, Desa Pertima, Kelurahan Subagan, Desa Bungaya, Desa Bungaya Kangin, Desa Nyuhtebel, Desa Sengkidu, dan Desa Pesedahan. Pasar Desa Bugbug dibuka mulai pukul 04.00 Wita hinga pukul 10.00 Wita. Pedagang Ni Ketut Sari dari Banjar Samuh, Desa Bugbug yang sehari-hari jualan kelapa mengaku merasa nyaman dengan adanya CCTV. Barang dagangan yang dititipkan di pasar terpantau dan selama transaksi tidak ada kekhawatiran. “Semua pedagang dan pengunjung terekam kamera CCTV, saya merasa nyaman sebagai pedagang,” kata Ni Ketut Sari.

Begitu juga menurut pedagang Ni Nyoman Wates dari Banjar Timbul, Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem. Semua pedagang dan pengunjung telah mengetahui ada kamera CCTV yang dipasang di lima sudut Pasar Desa Bugbug sehingga tidak ada berani usil selama memasuki areal pasar. Kelian Banjar Adat Puseh, Desa Adat Bugbug, I Nengah Bagiada, menambahkan kamera CCTV sangat penting untuk keamanan karena setip hari Pasar Desa Bugbug banyak pengunjung. Bendesa Adat Bugbug, I Nyoman Purwa Ngurah Arsana, menegaskan pemasangan kamera CCTV untuk memberikan rasa aman kepada pedagang dan pengunjung.  *k16

Komentar