nusabali

Klungkung Raih 3 Program Pengembangan Jalan Desa

  • www.nusabali.com-klungkung-raih-3-program-pengembangan-jalan-desa

SEMARAPURA, NusaBali
Tahun 2020, Klungkung mendapat tiga program Pisew (Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah) untuk jalan desa dari Kementerian PU.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Klungkung AA Gede Agung Lesmana saat mendampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau ke Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Sabtu (7/11).

Secara khusus, Bupati meninjau proyek pengerjaan betonisasi jalan penghubung Desa Kutampi Kaler dengan Desa Ped. Pembetonan ini juga salah satu proyek Pisew.

Jelas Agung Lesmana, menjelaskan tiga program Pisew di Klungkung selain betonisasi jalan Kutampi Kaler - Ped di Kecamatan Nusa Penida, juga jalan penghubung Desa Tusan - Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan. Satu lagi, jalan penghubung Desa Dawan Kaler - Desa Sampalan Klod, Kecamatan Dawan.

Agung Lesmana menambahkan, betonisasi jalan Kutampi Kaler -  Ped dengan panjang 626 meter dan lebar 3 meter. Program Pisew dari Kementerian PU ini bernilai kontrak Rp 590 juta. Jelasnya, Pisew merupakan program  yang dilaksanakan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur. Program ini juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan permukiman di kecamatan. ‘’Saat ini jalan tersebut sudah bisa dilalui kendaraan,’’ jelasnya.

Di sela-sela meninjau hasil pengerjaan betonisasi jalan Kutampi Kaler - Ped di Kecamatan Nusa Penida, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyambut baik program tersebut. Menurutnya, Pemkab Klungkung selalu memanfaatkan segala peluang dari pusat. Salah satunya program Pisew untuk membuka akses antar desa guna membuka keterisoliran. "Sekecil apa pun dana dari pusat akan sangat membantu di tengah keterbatasan keuangan daerah," ujar Bupati Suwirta.

Pada hari yang sama, Bupati Suwirta juga mengecek salah satu pal PDAM di Banjar Pilah, Kutampi Kaler. Bupati berharap kepada petugas PDAM di Nusa Penida agar mengatur pembagian air secara merata kepada masyarakat.*wan

Komentar