nusabali

Tutup Operasi Zebra, Dit Lantas Polda Bali Berbagi Sembako

  • www.nusabali.com-tutup-operasi-zebra-dit-lantas-polda-bali-berbagi-sembako

DENPASAR, NusaBali
Menutup Operasi Zebra Lempuyang setelah digelar 14 hari dimulai 26 Oktober sampai 8 November, Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Bali bagi puluhan paket sembako, Minggu (8/12) pagi.

Puluhan paket sembako gratis itu dibagikan kepada buruh bangunan dan petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar. Penerima sembako adalah pegawai dan buruh yang berada di sekitar Desa Kertalangu, Denpasar Timur.

Operasi zebra tahun ini beda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini total kegiatan preventif dan preemtif. Tidak ada penilangan. Para pelanggar hanya diberikan teguran lisan. "Perlu disadari lakalantas itu diawali dari pelanggaran. Kami tidak ingin ada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas," ujar Dir Lantas Polda Bali, Kombes Pol Indra SIK MSi.

Selain bagi-bagi paket sembako gratis dalam kegiatan operasi penutup itu juga bagi-bagi masker, handsanitizer, brosur, stiker imbauan, dan helm secara gratis. "Kegiatan ini bagian dari kegiatan Operasi Zebra Lempuyang. Total kita hanya melakukan tindakan preemtif dan preventif. Tidak ada penilangan," ungkapnya.

Kombes Indra mengatakan pelanggaran yang banyak ditemukan selama gelaran operasi adalah tidak pakai helm. "Kesadaran masyarakat cukup tinggi, tapi masih ada pelanggar yang tidak pakai helm. Paling banyak adalah anak-anak di bawah umur," ungkap Kombes Indra.

Dalam operasi yang digelar di Desa Budaya Kertalangu kemarin pagi masih banyak ditemukan pelanggar. Ada yang tidak pakai helm, tidak pakai masker, dan kendaraan yang tidak layak jalan. Semuanya hanya diberi teguran lisan. Bahkan mereka diberikan masker dan helm gratis.

Sementara selama 14 hari gelar Operasi Zebra Lempuyang, Polresta Denpasar mengeluarkan 15.000 teguran lisan. Pelanggaran paling banyak didominasi oleh pengendara motor tak pakai helm dan pengendara tidak pakai masker.

Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, saat pimpin Operasi Zebra Lempuyang di Jalan Juanda, Niti Mandala Denpasar, Minggu (8/11) mengungkapkan sejak operasi digelar tidak dilakukan penilangan terhadap pelanggar lalulintas.

"Hari ini (kemarin) merupakan hari terakhir," ungkap Kombes Jansen.  Kombes Jansen mengatakan di Bali banyak kegiatan adat dan keagamaan. Tak jarang ditemukan pengendara pakai pakaian adat tapi tidak memakai helm. "Udeng itu tidak bisa melindungi kepala dari benturan. Saya imbau, agar jauh dekat harus tetap pakai helm. Selain itu juga wajib pakai masker," ungkapnya. Di hari terakhir pelaksanaan operasi Polresta Denpasar melaksanakan kegiatan gebyar operasi simpatik bagi-bagi mie instant secara gratis. *pol

loading...

Komentar