nusabali

4 SD di Karangasem Masuk SNP Tertinggi

  • www.nusabali.com-4-sd-di-karangasem-masuk-snp-tertinggi

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 4 SD negeri di Karangasem masuk penilaian SNP (standar nasional pendidikan) tertinggi di Bali.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, mengaku kaget, tak menyangka empat SD negeri di Karangasem masuk 10 besar terbaik. Bahkan dua SD negeri prestasinya teratas dari segi capaian penilaian SNP tahun 2019.

Keempat SD negeri itu, dua SD di peringkat I dan peringkat II masing-masing SDN Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem skor SNP 6,8 dan SDN 3 Bungaya, Kecamatan Bebandem skor SNP 6,8. Saingannya SDN 4 Mambal Badung dengan skor SNP 6,8. Sedangkan peringkat ke-4 hingga ke-10 masing-masing SD Lab Undiksha Singaraja skor 6,79, SDN Yeh Mumbul Jembrana skor 6,79, SDN 5 Batukandik Klungkung skor 6,79, SDN 5 Busungbiu Buleleng skor 6,78, SDN 3 Pakisan Buleleng skor 6,78, SDN 4 Tulamben, Kecamatan Kubu skor 6,78, dan SDN 4 Bebandem, Kecamatan Bebandem, skor 6,78.

Gusti Kartika mengatakan, penilaian dari BNSP menyangkut implementasi dari 8 standar pendidikan. Penilaian itu menyangkut implementasi 8 standar pendidikan yakni standar isi menyangkut kualitas pembelajaran, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Syarat lain mesti dijalankan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan mengacu Permendiknas Nomor 19 tahun 2007, standar pembiayaan pendidikan, standar penilaian dan standar kelulusan sesuai Permendiknas Nomor 20 tahun 2016. “Saya mengapresiasi prestasi yang dicatat sejumlah sekolah SD negeri masuk 10 besar terbaik di Bali,” ungkap Gusti Kartika, Jumat (6/11).

Selama ini terus memberdayakan tenaga pengawas untuk melakukan supervisi kepada sekolah-sekolah SD agar delapan standar mampu dilaksanakan dengan merata. Setelah muncul persaingan di antara SD negeri di Karangasem otomatis dampak kualitas pendidikan di Karangasem meningkat. Sehingga kualitas pembelajaran di tingkat SD di Karangasem secara keseluruhan menjadi yang terbaik di Bali dengan skor 6,6, hasil evaluasi capaian SNP tahun 2019. Catatan prestasi itu mengalami peningkatan dibandingkan tiga tahun sebelumnya yakni tahun 2016 dengan skor 4,72, tahun 2017 dengan skor 5,47, dan tahun 2018 dengan skor 5,66.

Dalam evaluasi yang dilakukan BSNP, juga menetapkan 10 SD dengan skor terendah capaian SNP di Bali yakni peringkat 1 hingga 10, SDN 4 Batukandik Klungkung, SDN 1 Buahan Tabanan, SDN 2 Sepang Kelod Buleleng, SDN 1 Pejeng Kawan Gianyar, SDN 2 Tanjung Benoa Badung, SDN 5 Bebetin Buleleng, SDN 8 Datah Karangasem, SDN 2 Tegallinggah Buleleng, SDN 17 Padang Sambian Denpasar, dan SDN 1 Senganan Penebel Tabanan. *k16

Komentar