nusabali

Lestarikan Hutan Desa, 700 Pohon Ditanam di Desa Panji

  • www.nusabali.com-lestarikan-hutan-desa-700-pohon-ditanam-di-desa-panji

SINGARAJA, NusaBali
Pemkab Buleleng melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, menanam 700 pohon di areal hutan Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Jumat (6/11).

Aksi penanaman ratusan pohon ini disebut sebagai upaya melestarikan hutan desa yang ada di wilayah Buleleng. Dalam kegiatan tersebut, DLH Buleleng turut melibatkan Kodim 1609/Buleleng serta masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar diharapkan ikut merawat pohon tersebut agar dapat tumbuh dengan baik. Adapun jenis pohon yang ditanam kali ini yakni pohon aren, pohon durian, pohon nangka, pohon manggis, dan pohon kererek.

Kepala DLH Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan, ratusan bibit pohon yang ditanam ini adalah bantuan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) dan Kebun Raya Bedugul. "Kami memanfaatkan bantuan pohon untuk melestarikan hutan desa. Dan kami awali di hutan Desa Panji," kata dia di sela-sela penanaman.

Ariadi Pribadi menyebutkan, hutan desa merupakan salah Satu Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup masyarakat. Untuk itu, hutan Desa Panji seluas 129 hektare ini mesti dijaga kelestarian dan dikendalikan pemanfaatannya. Sebelumnya, penanaman pohon juga sudah dilakukan rutin oleh Pemerintah Desa.

Mengingat fungsi hutan sebagai sumber mata air sebagai kebutuhan pokok masyarakat harus dijaga stabilitasnya. "Fungsi hutan penting sebagai sumber ekonomi dan pengendali bencana, tempat penyimpanan air. Dengan begitu, pentingnya peranan hutan bagi kehidupan masyarakat. Sehingga, sudah sepatutnya dijaga dan dilestarikan," ujarnya.

Tujuan penanaman pohon ini juga untuk mengingatkan agar masyarakat sadar akan keberadaan hutan desa sehingga bisa menjaga dan merawat hutannya. Di sisi lain, penanaman ini juga bertujuan mereboisasi pohon-pohon yang sudah mati sebelumnya. dengan memberdayakan Kelompok Jasa lingkungan di Desa Panji yang bergerak di bidang pariwisata.

Mantan Camat Gerokgak ini mengimbuhkan, ke depannya dalam pemeliharaan pohon yang baru ditanam ini akan dilakukan patroli rutin oleh Pemerintah Desa dengan menggandeng sejumlah kelompok masyarakat. "Patroli ini dilakukan untuk mengontrol kondisi dan perkembangan pohon yang telah ditanam," pungkas Ariadi Pribadi.*cr75

Komentar