nusabali

Pandemi, Jumlah Tilang Merosot Tajam

  • www.nusabali.com-pandemi-jumlah-tilang-merosot-tajam

DENPASAR, NusaBali
Jumlah penilangan kendaraan yang dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Polresta Denpasar hingga triwulan III (periode Januari sampai September 2020) mencapai 12.686.

Jumlah tersebut merosot tajam dari periode yang sama tahun 2019 yang mencapai 20.069. Penurunan jumlah angka penilangan itu seiring dengan kebijakan Polri akibat pandemi Covid-19. Polantas lebih banyak melakukan sosialisasi protokol kesehatan ketimbang melakukan penilangan.

Seperti dalam Operasi Zebra Lempuyang yang digelar selama dua pekan (26 Oktober sampai 8 November). Polantas sama sekali tidak melakukan penilangan. Polantas hanya melakukan peneguran humanis. Lebih banyak melakukan sosialisasi protokol kesehatan.

"Sasaran operasi kita tidak hanya masalah protokol kesehatan seperti tidak pakai masker. Pengendara motor tidak pakai helm dan pengemudi mobil yang tidak pakai sabuk pengaman misalnya jadi sasaran. Tapi tidak ada penilangan," ungkap Kasubbag Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi, Kamis (5/11).

Iptu Sukadi mengatakan penurunan jumlah penilangan di wilayah hukum Polresta Denpasar sejak Mei. Pada bulan Mei, Polresta Denpasar hanya melakukan penilangan 29 pelanggar. Berbeda dengan periode 2019 paling kurang penilangan sebulan 1.282 pelanggar.

"Jumlah teguran sangat tinggi, yakni 8.176. Sementara periode yang sama 2019 lalu hanya 3.323. Kepada para pengendara tetap patuhi aturan lalu lintas. Jangan karena tidak ada penilangan jadi abaikan aturan. Itu untuk keselamatan diri pengendara itu sendiri," harap Iptu Sukadi. *pol

loading...

Komentar