nusabali

Ruas Jalan Denbantas-Tunjuk Jebol

  • www.nusabali.com-ruas-jalan-denbantas-tunjuk-jebol

TABANAN, NusaBali
Ruas jalan Denbantas–Tunjuk di Desa Buahan, Kecamatan/Kabupaten Tabanan, jebol. Akibatnya pengendara hanya bisa menggunakan sebagian ruas jalan.

Jebolnya sebagian ruas jalan karena hujan lebat yang mengguyur Tabanan pada Oktober 2020 lalu. Ruas jalan Denbantas–Tunjuk ini termasuk dari 12 titik jalan yang rusak akibat hujan pada Oktober lalu. Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-PKP) Tabanan sudah mengusulkan untuk perbaikan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRPKP Tabanan I Gede Partana, mengatakan ruas jalan Denbantas–Tunjuk sudah diusulkan perbaikan bersama dengan 11 titik jalan yang rusak. “Ini sudah kita prioritaskan untuk mendapat penanganan,” ujarnya, Rabu (4/11).

Kata Partana, penanganan ruas jalan Denbantas–Tunjuk nantinya menggunakan box culvert. Saat ini sudah mulai bekerja dan masih proses pemesanan bahan bakunya. “Terhadap 11 titik yang rusak juga sedang proses pemesanan bahan baku,” tegasnya.

Anggaran perbaikan menggunakan Belanja Tak Terduga (BKK). Ini sesuai dengan usulan kemudian disetujui oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. “Anggarannya nanti akan diberikan anggaran BTT. Sistemnya adalah kita kerjakan dulu nanti baru dibayarkan,” tandas Partana.

Sebelumnya, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menyatakan saat ini usulan untuk penanganan bencana alam di Tabanan sudah disetujui. Sehingga, setelah SK tersebut terbit anggaran untuk penanganan bisa cair dan langsung dilakukan perbaikan oleh Dinas PUPRPKP Tabanan.

“Semua anggaran bersumber dari Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Tabanan. Itu semua untuk yang urgent atau prioritas sesuai yang diusulkan Dinas PU kemarin,” kata Bupati Eka.

Dinas PUPRKP Tabanan juga sebelumnya telah melakukan perencanaan dan pengusulan untuk perbaikan titik jalan yang mengalami kerusakan pasca hujan deras yang mengguyur Tabanan pada Oktober lalu.

Tercatat ada 12 titik jalan yang masuk prioritas, dan estimasi anggaran yang diperlukan hingga Rp 7 miliar lebih. Nantinya, anggaran perbaikan tersebut diusulkan ke pimpinan daerah dalam hal ini Bupati Tabanan menggunakaan pos anggaran BTT. *des

Komentar