nusabali

Surat Tilang Diganti Masker

  • www.nusabali.com-surat-tilang-diganti-masker

MANGUPURA, NusaBali
Selama Operasi Lempuyang 2020 Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Badung menarik semua surat tilang.

Sebagai gantinya anggota diberikan masker untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat saat operasi gelar operasi. Hal itu dilakukan karena operasi yang digelar tahun ini sama sekali tidak ada penilangan.

Hal ini diungkapkan Kasat Lantas Polres Badung, Iptu Achmad Fahmi Adiatma dikonfirmasi, Rabu (4/11). Dia menjelaskan meski tidak ada penilangan bukan berati pengendara tidak mengikuti aturan lalu lintas. Operasi Zebra dilaksanakan guna menjaga kedisiplinan dan keteraturan masyarakat dalam berkendara di jalanan.

"Setiap tahunnya, operasi ini selalu rutin dilakukan pada beberapa titik di setiap kota di Indonesia. Operasi ini juga berlangsung di jajaran Polda Bali dengan sandi Operasi Zebra Lempuyang 2020. Setiap tahunnya pelanggar yang terjaring operasi zebra akan dikenakan sanksi tilang. Namun, di tahun ini ada yang berbeda dalam penerapan sanksinya," ungkap Iptu Fahmi.

Operasi zebra yang digelar selama dua pekan (26 Oktober sampai 8 November) lebih mengedepankan simpatik dan edukasi. Tidak ada tilang dan target tilang. "Semua surat tilang kami tarik dari anggota dan kami ganti dengan masker-masker gratis yang akan dibagikan anggota kepada masyarakat pengguna jalan yang kami temukan tidak menggunakan masker atau maskernya yang sudah tidak layak pakai," ungkap Iptu Fahmi.

Secara keseluruhan prioritas dalam operasi zebra tahun ini memiliki kesamaan dalam operasi zebra tahun-tahun sebelumnya. Prioritas yang menjadi sasaran dalam operasi zebra tahun 2020, yaitu pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar (SNI), pengendara truk yang berkendara di jalur kanan, pengendara motor yang melawan arus, pengendara motor yang masih di bawah umur, dan pengendara yang melanggar protokol kesehatan.

"Jika kami temukan masyarakat yang melanggar target Operasi Zebra Lempuyang ini kami akan tegur secara lisan secara humanis. Sesuai dengan perintah Bapak Kapolri, Operasi Zebra 2020 di tengah pandemi Covid-19 polisi mengedepankan edukasi daripada penegakan hukum. Oleh karena itu kegiatan operasi ini lebih berorientasi pada kegiatan simpatik," ungkapnya.  

Giat konkretnya berupa penyuluhan, edukasi, bagi masker, sembako dan kegiatan sosial lainnya. "Bagi masyarakat yang akan berkendara jangan lupa untuk memastikan lima poin di atas. Lima poin tersebut berguna dalam menjaga keselamatan selama berkendara," tandasnya. *pol

Komentar