nusabali

Kodim Gianyar Gelar Binsiap Apwil dan Puanter

  • www.nusabali.com-kodim-gianyar-gelar-binsiap-apwil-dan-puanter

GIANYAR, NusaBali
Kodim 1616/Gianyar menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan IV TA 2020 di Aula TNI Manunggal Rakyat Kodim 1616/Gianyar, Selasa (3/11).

Acara ini dibuka Komandan Kodim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro. Dandim Siboro mengatakan, kegiatan ini guna membentuk prajurit meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah. Dia mengharapkan agar kegiatan ini sebagai barometer bagi aparat kewilayahan guna menunjang tugas pokok Kodim. ‘’Pembinaan ini sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD. Dandim Siboro menegaskan, ada beberapa penekanan kepada para peserta untuk dijadikan pedoman dalam bertugas, "Diantaranya meningkatkan dan pelihara kesiapan sebagai aparat wilayah serta mantapkan kemampuan teritorial, meningkatkan kemampuan pemberian laporan kepada Komando atas agar dapat ditindaklanjuti," katanya.

Adapun materi yang diberikan yaitu tentang adat istiadat dan budaya masyarakat di wilayah binaan oleh Kapten Inf AA Raka Malia Danramil 03/Tampaksiring, Mitigasi Bencana alam oleh Kapten Inf Made Winaya, an Pasiops, Metode Binter oleh Kapten Inf Hengki Danramil 01/Gianyar. Perkembangan tehnologi dan Informasi oleh Letda Inf Karel Sandi, tingkat Ekonomi masyarakat di sekitar satuan binaan oleh Kapten Chb Wayan Suargita, Danramil 06/Tegalalang, Kondisi alam wilayah Binaan, Kapten Inf I Gede Astawa, Danramil 05/Sukawati, Pengetahuan Pilkada oleh Kapten Inf I Ketut Suprapta, Sikap Ter oleh Kapten Inf Cok Semadi dan  Lima kemampuan Ter oleh Kapten Inf I Wayan Sudana. *nvi

Komentar