nusabali

Lawan Sudah Dilemahkan

Barcelona vs Dynamo Kiev, Kamis Dinihari

  • www.nusabali.com-lawan-sudah-dilemahkan

Sektor penjaga gawang jadi lini yang kena dampak paling buruk. Dua kiper utama Dynamo Kiev, Buschan dan Boyko, absen. Pada laga terakhir,  Dynamo menurunkan kiper tim muda, Ruslan Neshcheret.

BARCELONA, NusaBali

Barcelona dalam posisi diuntungkan saat menjamu Dynamo Kiev pada matchday 3 Grup G Liga Champions 2020/2021, di Camp Nou, Kamis (5/11) dinihari Wita. Ya, lawan tak bisa menurunkan tim terbaiknya, setelah sembilan pemainnya ‘dilemahkan’ lebih dulu akibat positif Covid-19.

Skuad yang dibawa Dynamo Kiev ke Camp Nou hanya 13 pemain dari tim utama. Sedangkan total 13 pemain absen, sembilan diantaranya tak bisa tampil karena positif virus corona. Satu pemain lagi absen karena akumulasi kartu, dan tiga lainnya cedera. Selain itu, lima anggota staf Dynamo Kiev juga positif Covid-19, salah satunya asisten pelatih Emil Karas.

Sektor penjaga gawang jadi lini yang kena dampak paling buruk. Sebab dua kiper utamanya, Buschan dan Boyko, harus absen. Pada laga lawan Dnipro di Liga Ukraina, akhir pekan lalu, pelatih Dynamo Mircea Lucescu menurunkan kiper dari tim muda, Ruslan Neshcheret.

Dari laporan Marca, jumlah 13 pemain dari tim utama adalah syarat minimal agar laga Liga Champions jalan terus dari UEFA. Itu berarti jika ada satu pemain lagi positif Covid-19 sebelum hari H pertandingan, maka laga Barcelona vs Dynamo akan ditunda.

Sedangkan dai kubu Barcelona dikhabarkan Ronald Koeman akan mengistirahatkan Lionel Messi (33 tahun). Pasalnya, Messi selalu bermain penuh pada delapan laga Barcelona di semua kompetisi musim ini, enam di La Liga Spanyol dan dua di Liga Champions.

Total Messi tampil selama 720 menit di dua bulan awal musim ini. Catatan itu belum termasuk 120 menit laga Messi bersama timnas Argentina pada kualifikasi Piala Dunia 2022. Keputusan Koeman tidak memberi Messi waktu istirahat tak lepas dari posisi Barca yang kini di posisi 12 klasemen, tertinggal sembilan poin dari Real Sociedad di puncak klasemen.

Laga Barca vs Kiev diprediksi jadi momen tepat bagi Koeman memberi waktu istirahat kepada Messi. Koeman dikabarkan akan menarik keluar Messi jika Barca memiliki keunggulan aman saat lawan Kiev.

Hingga kini Messi belum mencetak gol belum mencetak gol dari open play pada musim ini. Tiga gol yang dicetaknya dari titik putih. Hal itu jadi catatan buruk Messi, mengingat dia begitu tajam di depan gawang dalam beberapa tahun terakhir.

Selain karena kelelahan, ada pergeseran peran dan posisi di bawah Koeman. Messi bukan lagi pusat permainan tim. Koeman memulai proyek revolusi skuat dengan menurunkan pemain-pemain muda. Akibatnya, Messi tak lagi jadi poros utama serangan Barcelona. Kini Messi tidak mampu membantu timnya dengan gol dan assist.

Setelah lawan Dynamo Kiev, Barca akan menghadapi Real Betis di Liga Champions. Setelah itu Messi memperkuat Argentina lawan Paraguay dan Peru. Saat kembali ke Barcelona, Messi harus menjalani laga sengit melawan Atletico Madrid pada 22 November. *

Komentar