nusabali

Warga Meninggal Dapat Santunan Rp 1 Juta

Klungkung Realisasikan Program Pitra Bakti

  • www.nusabali.com-warga-meninggal-dapat-santunan-rp-1-juta

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung mulai merealisasikan program Pitra Bakti kepada keluarga duka atau anggota keluarga yang punya kematian. Setiap kematian, Pemkab membantu berupa uang santunan Rp 1 juta.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Klungkung I Komang Dharma Suyasa melayat ke kediaman almarhumah Ni Nyoman Sudiarti di Dusun Suwitrayasa, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (3/11).

Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris atau keluarga almarhumah.

Santunan kematian ini merupakan program Bupati Suwirta sebagai bagian lanjutan dari inovasi Pitra Bakti. Besaran santunan kematian bagi penduduk Klungkung ini maksimal Rp 1 juta. Program yang resmi dimulai 1 November ini diselenggarakan atas prinsip-prinsip penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia, perlakuan adil, cepat dan tepat, transparansi dan akuntabilitas, nondiskriminatif, dan kehati-hatian.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klungkung I Komang Dharma Suyasa mengatakan persyaratan permohonan santunan kematian bagi masyarakat Klungkung, yakni penduduk dewasa yang memiliki e-KTP Klungkung, Kartu Keluarga (KK) atau akta kelahiran. Boleh juga orang dewasa yang belum memiliki e-KTP Klungkung karena hal-hal tertentu, namun terdaftar dalam KK.

Ahli waris yang sah dalam pelaksanaan pemberian santuan kematian merupakan janda, duda, atau anak. Jika tiga hal itu tidak ada maka santunan diberikan kepada saudara kandung, mertua atau pihak yang ditunjuk dalam wasiatnya. “Bila tidak ada wasiat, maka santunan diberikan kepada pihak yang mengurus kematian,” ujar Suyasa.

Kegiatan ini melibatkan Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Klungkung, perbekel, dan perangkat desa, serta ahli waris. Selain menyerahkan santunan kematian, Bupati Suwirta  juga menyerahkan akta kematian kepada keluarga almarhumah. Bupati menyampaikan bela sungkawa dan keluarga yang ditinggalkan agar diberikan ketabahan. *wan

Komentar