nusabali

Operasi Zebra 2020 Selipkan Imbauan Prokes

  • www.nusabali.com-operasi-zebra-2020-selipkan-imbauan-prokes

GIANYAR, NusaBali
Operasi Zebra Lempuyang tahun 2020 di Kabupaten Gianyar oleh Polres Gianyar sudah berlangsung sepekan.

Ops ini selain mengutamakan tertib lalu lintas, juga menyelipkan himbauan protokol kesehatan. Kasatlantas Polres Gianyar AKP Laksmi Trisna Dewi Wieryawan, Senin (2/11), menjelaskan tindakan tilang hanya dilakukan pada dua hari pertama.

Selanjutnya, polisi hanya menegur pengendara yang melanggar atau tidak disiplin prokes. "Petugas hanya memberlakukan tilang selama 2 hari kepada pelanggar dan lebih mengedepankan himbauan dan teguran simpatik terkait tertib berlalulintas dan mentaati protokol kesehatan," jelasnya.

Kepada masyarakat pengguna jalan, petugas menekankan agar mentaati 3M yakni Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak. "Sesuai dengan kebijakan pimpinan untuk menekan penyebaran Covid-19," katanya.

Dari data Satlantas Polres Gianyar, 2 hari pertama tindakan tilang terdapat 37 pelanggar. "Ini trendnya berkurang 93 persen dari operasi Zebra tahun 2019 lalu, ini menunjukan bahwa masyarakat pengguna jalan raya sudah sadar akan tertib berlalulintas," ucapnya.

Sedangkan jumlah teguran kepada pelanggar selama 2 hari awal operasi adalah sebanyak 199 teguran. "Kami memberikan teguran simpatik kepada pelanggar kasat mata," ujarnya.

AKP Laksmi mengharapkan, para pengguna jalan agar senantiasa tertib berlalu lintas dengan melengkapi administrasi kendaraan dan memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) serta senantiasa mentaati protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19. "Operasi Zebra Lempuyang tahun 2020 ini kita laksanakan dari tanggal 26 Oktober sampai 6 November 2020 mendatang," ujar Kasatlantas. *nvi

Komentar