nusabali

Kadisdik dan Kadis PUPR Pasti Diganti

Klungkung Gelar Seleksi Terbuka 4 Jabatan Eselon II

  • www.nusabali.com-kadisdik-dan-kadis-pupr-pasti-diganti

Penyegaran dua pejabat kepala dinas tersebut menjadi tanda tanya kalangan pegawai, terutama terkait kemampuan mereka.

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung kembali akan menggelar seleksi terbuka untuk pengisian 4 jabatan tinggi pratama atau setara eselon II. Pengisian ini dilakukan karena 2 pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) tersebut pensiun pada Januari 2020 mendatang. Sedangkan 2 pimpinan OPD lainnya menjalani penyegaran atau akan dimiutasi ke OPD lain.

Adapun pimpinan OPD yang pensiun pada Januari 2021 mendatang yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Anak Agung Ngurah Kirana, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan I Wayan Durma. Dua pejabat yang mengalami penyegaran atau akan dimutasi yakni Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Dewa Gde Darmawan, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Anak Agung Lesmana. Padahal, Agung Lesmana sendiri baru menempati posisinya saat ini sejak Mei 2019 lalu.

Penyegaran dua pejabat kepala dinas tersebut menjadi tanda tanya kalangan pegawai, terutama terkait kemampuan mereka hingga akan kena pergantian. “Saya juga baru dapat info tadi siang. Teman-teman juga banyak yang nanya. Intinya saya siap mengikuti dan siap di mana pun nanti ditempatkan,” ujar Agung Lesmana.

Sedangkan, Dewa Darmawan menempati posisinya sebagai Kepala Dinas Pendidikan lebih lama dari Agung Lesmana, yakni Mei 2017.  Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, saat dihubungi Senin (2/11), tak memeberikan alasan yang detail tentang pergeseran dua pejabat eselon II ini. “Penyegaran ini agar dari yang sudah segar menjadi lebih segar lagi,” ujar Sekda Winastra.

Untuk dua jabatan lainnya yang akan dilelang karena pimpinan OPD yang bersangkutan akan pensiun pada Januari 2021. Mereka adalah Kepala DLHP Agung Kirana, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan I Wayan Durma. Sehingga dengan pengisian lebih awal ini diharapkan nantinya tidak ada pelaksana tugas (Plt) saat mereka pensiun. “Target kami bulan ini nama-nama pejabt 4 OPD tersebut sudah ada,” imbuh Winastra.

Selain itu juga ada pejabat eselon II yang pensiun per Januari 2021, yakni  Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung I Wayan Wasta, serta Kepala Badan Kesbangpol Klungkung Drs I Wayan Sujana. Namun, kekosongan itu nantinya akan langsung diisi lewat pergeseran pejabat eselon II alias penyegaran.

Mengenai pendaftaran peserta mulai dilakukan pada 9-13 November 2020 nanti, dilanjutkan seleksi administrasi 13-16 November, pengumuman hasil seleksi administrasi 16 November. Kemudian, test kompetensi manajerial dan sosio kultural 18-19 November, presentasi makalah dan wawancara akhir 23-24 November, pengumuman akhir 3 calon terbaik 26 November, dan seterusnya hingga pengusulan rekomendasi ke KASN. “Semoga proses seleksi ini berjalan lancar,” harap Winastra. *wan

Komentar