nusabali

Masa Arus Balik Wisatawan Domestik, 1.638 Mobil Pribadi Tinggalkan Bali

  • www.nusabali.com-masa-arus-balik-wisatawan-domestik-1638-mobil-pribadi-tinggalkan-bali

NEGARA, NusaBali
Akhir pekan seiring berakhirnya libur panjang cuti bersama dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, diperkirakan menjadi puncak arus balik wisatawan domestik (wisdom) yang kembali menuju Jawa.

Sesuai catatan ASDP selama 24 jam per Sabtu (31/10) pagi hingga Minggu (1/11) pagi, tercatat ada sebanyak 1.638 unit mobil pribadi yang meninggalkan Bali dari Pelabuhan Gilimanuk ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Berdasar data ASDP, secara keseluruhan pada Sabtu pagi hingga Minggu pagi itu, ada 4.474 unit kendaraan yang menyeberang ke Pelabuhan Ketapang. Dari total 4.474 kendaraan itu, yang paling banyak adalah mobil pribadi dengan jumlah 1.638 unit. Kemudian sepeda motor ada sebanyak 1.274 unit, bus sebanyak 142 unit, pick up sebanyak 404 unit, dan truk sebanyak 1.016 unit.

“Sudah banyak yang balik. Mobil-mobil pribadi yang menuju Ketapang, meningkat sejak kemarin (Sabtu). Siang sampai sore hari ini (Minggu), juga masih banyak mobil pribadi menuju Ketapang. Namun masih tetap lancar,” ujar Manager Usaha Pelabuhan Gilimanuk Windra Soelistiawan, Minggu kemarin.

Jika dibandingkan hari biasa di masa pandemi Covid-19, total 4.474 kendaraan dari Pelabuhan Gilimanuk ke Pelabuhan Ketapang itu, meningkat sekitar 11,8 persen.

Sebaliknya untuk arus mobil pribadi yang masuk Bali dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk pada H+2 Maulid Nabi tahun ini, jumlahnya sebanyak 802 unit. Jumlah ini jauh menurun dibanding pada hari normal selama pandemi Covid-19. Pada hari Sabtu–Minggu selama pandemi, mobil pribadi yang masuk Bali rata-rata 894 unit. *ode

loading...

Komentar