nusabali

Kabag Ops Polres Buleleng Didapuk Jadi Raja Ki Barak Panji Sakti

Unik, Sosialisasi Prokes Covid-19 dengan Pentas Sendratari

  • www.nusabali.com-kabag-ops-polres-buleleng-didapuk-jadi-raja-ki-barak-panji-sakti

SINGARAJA, NusaBali
Jajaran Polres Buleleng memiliki cara unik dalam mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Kali ini mereka mengemas sosialisasi prokes lewat penampilan drama atau sendratari. Sosialisasi pun dilangsungkan di salah satu destinasi wisata andalan, yakni di Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Jumat (30/10). Kabag Ops Polres Buleleng, Kompol Anak Agung Wiranata Kusuma, didapuk memerankan Raja Ki Barak Panji Sakti.

Pertunjukan sendratari bertajuk 'Lawan Covid-19 dengan Spirit Megoak-goakan' ini disebut sebagai upaya sosialisasi untuk memberikan pemahaman serta kesadaran masyarakat dalam mencegah Covid-19, yang dilakukan dengan menggali potensi, filosofi serta spirit kemasyarakatan.

Langkah ini diharapkan bisa memaksimalkan sosialisasi karena diselingi dengan hiburan. "Melalui sosialisasi yang dikemas dalam bentuk drama, kami gunakan spirit 'Megoak-goakan' untuk mengedukasi masyarakat tentang Covid-19 yang harus dihadapi bersama-sama dengan disiplin menerapkan prokes," kata Kapolres Buleleng, AKBP I Made Sinar Subawa, Minggu (1/11).

Dia menambahkan, sosialisasi edukatif dalam bentuk sendratari ini juga merupakan tindak lanjut perintah Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, agar anggotanya menggencarkan sosialisasi prokes untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, dengan memadukan budaya dan kearifan lokal.

Sosialisasi lewat sendratari yang dibawakan oleh personel Polres Buleleng tersebut dipentaskan dengan melansir cerita Raja Ki Barak Panji Sakti dalam membangkitkan semangat pasukannya melalui tradisi Megoak-goakan. Kabag Ops Polres Buleleng, Kompol Anak Agung Wiranata Kusuma memerankan Raja Ki Barak Panji Sakti.

Dalam pementasan tersebut, Raja Ki Barak Panji mensosialisasikan tentang pandemi Covid-19 dan menyerap aspirasi serta semangat pasukan untuk bersama-sama melawan Covid-19 yang diibaratkan sebagai musuh tidak kelihatan. Penampilan tersebut disambut dengan antusias oleh masyarakat setempat maupun wisatawan. *cr75

Komentar