nusabali

Belasan Pelaku Trek-trekan Diamankan

  • www.nusabali.com-belasan-pelaku-trek-trekan-diamankan

SINGARAJA, NusaBali
Aksi balap liar di Kota Singaraja yang terjadi di Jalan Raya Desa Penarukan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng pada Kamis (29/10) malam berhasil dibubarkan Jajaran Polsek Kota Singaraja.

Polisi berhasil mengamankan belasan anak muda yang terlibat aksi trek-trekan tersebut. Kapolsek Kota Singaraja, I Made Santika mengatakan, ada sebanyak 16 pemuda yang diamankan atas aksi balap liar kali ini. Ia mengaku sudah beberapa melakukan pembubaran terhadap aksi balapan liar tersebut. Namun, tidak ada rasa kapok dari pelaku balapan liar yang kebanyakan dari kalangan anak remaja dengan usia di bawah umur.

Penindakan ini diambil setelah mendapat laporan dari warga setempat yang resah dengan adanya balap liar. "Dari laporan masyarakat, kami kirimkam anggota langsung ke lapangan. Kami tandai tempatnya. Kemudian kami berhasil amankan belasan pelaku trek-trekan. Sebagian besar mereka masih di bawah umur," ujarnya, Jumat (30/10).

Belasan pelaku trek-trekan yang berhasil diamankan tersebut kemudian digiring ke Mapolsek Kota Singaraja untuk dilakukan pembinaan. Polisi juga berhasil mengamankan 2 sepeda motor yang diduga kuat akan digunakan balap liar. Selain itu ada 14 sepeda motor lain yang dibawa para penonton balap liar juga diamankan.

Para pelaku trek-trekan yang memiliki motor modifikasi akan dikenakan sanksi tilang sesuai aturan yang berlaku. "Motor tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Tidak menutup kemungkinan motor-motor yang lain juga di-bore up sehingga kecepatannya melebihi standar motor-motor biasannya," imbuhnya.

Polisi juga akan memanggil orangtua masing-masing pelaku agar mereka mengetahui anaknya sudah mengancam keselamatan orang lain maupun dirinya sendiri. Selain itu, dirinya juga akan melaporkan ke pihak sekolah agar ikut mengawasi anak didiknya sehingga hal yang sama tidak terjadi lagi. "Trek trekan motor ini sudah sangat meresahkan warga. Kami tegas meminta kepada orangtua dan guru untuk membina dan memberikan pendidikan terhadap mereka," tandas dia.*cr75

Komentar