nusabali

Dana-Dipa Forsir Kemenangan di Kandang

  • www.nusabali.com-dana-dipa-forsir-kemenangan-di-kandang

AMLAPURA, NusaBali
Pasangan I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa (Paket Dana-Dipa), Calon Bupati-Calon Wakil Bupati yang diusung PDIP bersama Hanura di Pilkada Karangasem 2020, berusaha memforsir kemenangan besar di wilayah Kecamatan Abang.

Kawasan dengan jumlah pemilih mencapai 62.037 orang terbanyak kedua setelah Kecamatan Karangasem ini merupakan ‘kandang’ dari Caloin Bupati (Cabup) I Gede Dana.

Upaya forsir kemenangan di kandang ini diungkapkan I Gede Dana di sela kegiatan kampanye 6 titik di kawasan Kecamatan Abang, Jumat (30/10). “Kami wajib rebut kemenangan di Kecamatan Abang dalam Pilkada Karangasem 2020. Tentu bukan hanya Kecamatan Abang yang jadi target, tapi juga kecamatan-kecamatan lainnya,” tandas politisi asal Banjar Lebah, Desa Datah, Kecamatan Abang yang juga Ketua DPC PDIP Karangasem ini.

Kecamatan Abang mewilayahi 14 desa, dengan jumlah pemilih mencapai 62.037 orang yang akan nyoblos di 175 tempat pemungutan suara (TPS). Beberapa desa di Kecamatan Abang dengan jumlah pemilih cukup banyak yang jadi incaran kemenangan Dana-Dipa, antara lain, Desa Ababi, Desa Bunutan, Desa Datah, Desa Tiyingtali, dan Desa Tista.

Dalam memforsir kemenangan di Kecamatan Abang, Dana-Dipa mengandalkan dua anggota Fraksi PDIP DPRD Karangasem Dapil Kecamatan Abang dan satu anggota DPRD Karangasem dari Hanura Dapil Kecamatan Abang. Mereka masing-masing I Wayan Geden (PDIP/peraih 4.873 suara saat Pileg 2029), I Wayan Suardana (PDIP/2.002 suara), dan I Komang Dwi Purna Adi Susila (Hanura/1.665 suara).

Selain itu, juga ada Ni Kadek Sri Dewi Wahyuni, Srikandi PDIP calon PAW Gede Dana di DPRD Karangasem yang dalam Pileg 2019 gagalk lolos dengan raihan 1.975 suara. Sedangkan Gede Dana sendiri saat Pileg 2019 berhasil raih 4.474 suara di Dapil Kecamatan Abang.

Selain incar kemenangan di Kecamatan Abang, Paket Dana-Dipa juga berjuang memenangkan 7 kecamatan lainnya di Pilkada Karangasem 2020. Rinciannya, Kecamatan Karangasem yang punya jumlah pemilih terbanyak yakni 73.431 orang, Kecamatan Kubu (60.657 pemilih), Kecamatan Bebandem (42.173 pemilih), Kecamatan Manggis (41.442 pemilih), Kecamatan Selat (34.285 pemilih), Kecamatan Rendang (32.326 pemilih), dan Kecamatan Sidemen (28.712 pemilih).

Secara keseluruhan, ada 375.063 suara pemilih yang akan diperebutkan dalam tarung head tu head antara Paket Dana-Dipa vs Paket Massker (IGA Mas Sumatri-I Made Sukerana) dalam Pilkada Karangasem, 9 Desember 2020 mendatang. Paket Massker adalah Cabup-Cawabup Karangasem yang diusung Golkar-NasDem-Gerindra-Demokrat-Perondo-PKS.

Sementara itu, untuk memforsir kemenangan kandang, Cabup Gede Dana kampanye di 6 titik kawasan Kecamatan Abang, Jumat kemarin. Kampanye diawali di rumah anggoita Fraksi PDIP DPRD Karangasem I Gede Suta di Banjar Adat Bunutan, Desa Bunutan, pagi pukul 09.00 Wita. Dari situ, kampanye berlanjut ke rumah I Nyoman Sumadi di Banjar Adat Amed, Desa Purwakerti, Kecamatan Abang mulai pukul 10.30 Wita.

Kemudian, Gede Dana lanjutkan kampanye dengan bertemu 38 kelian dadia di Bale Serba Guna Desa Abang (Kecamatan Abang) pukul 12.00 Wita, lalu kampanye di Bale Banjar Adat Pidpid Kaler Dauh Margi, Desa Pidpid (Kecamatan Abang) pukul 13.30 Wita, di Bale Kelompok Jumetra Desa Tri Buana (Kecamatan Abang) pukul 15.00 Wita, dan diakhiri pertemuan di rumah I Made Mangku Mama di Banjar Bias Kelod, Desa Ababi (Kecamatan Abang) pukul 16.30 Wita.

"Saya memang optimalkan kemenangan di Kecamatan Abang. Menyusul nantinya forsir kemenangan di Kecamatan Kubu. Selanjutnya menggarap basis dukungan di kecamatan-kecamatan lainnya, sehingga target menang dengan 60 persen di Pilkada Karangasem 2020 bisa tercapai," tandas Gede Dana.

Menurut Gede Dana, target menang 60 persen ini dipatok setelah Paket Dana-Dipa meyakinkan masyarakat di setiap kesempatan, dengan menyosialisasikan lima program unggulan yang jadi visi dan misinya. Lima program unggulan yang jadi prioritas, masing-masing bidang sandang-pangan-papan, bidang pendidikan-kesehatan, bidang jaminan sosial-ketenagakerjaan, bidang seni-adat-budaya-agama, dan bidang pariwisata.

Sementara, Kelian Dadia Gede dari Banjar Tanah Aji, Desa Abang, Sang Wayan Mangku, mengaku tertarik atas visi-misi Paket Dana-Dipa. Demikian pula Kelian Dadia Tangkas Kori Agung dari Banjar Abang Kaler, Desa Abang, I Ketut Wija, yang ikut hadir dalam kampanye Gede Dana di Bale Serba Guan Desa Abang, "Program Dana-Dipa cukup menarik dan menjanjikan,” ujar Sang Wayan Mangku, diamini Ketut Wija. *k16

loading...

Komentar