nusabali

Bupati Suwirta Sosialisasikan Pemasaran Rumput Laut

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-sosialisasikan-pemasaran-rumput-laut

SEMARAPURA, NusaBali
Puluhan petani rumput laut di Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, mengikuti sosialisasi rencana penjualan rumput laut dari petani ke perusahaan melalui koperasi.

Sosialisasi tetap mengikuti protokol kesehatan,  dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, di SDN 2 Lembongan, Kamis (29/10) malam. Kegiatan ini lanjutan dari kerjasama antara Pemkab Klungkung - PT Indonusa Algaemas Prima selaku pembeli rumput laut Nusa Penida. Di hadapan para petani rumput laut, Bupati Suwirta menyampaikan langkah ini sebagai upaya Pemkab Klungkung dalam meningkatkan pemasaran dan menjaga kestabilan harga rumput laut. Dampaknya akan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani rumput laut. Di Kecamatan Nusa Penida, saat ini ada sekitar 600 orang petani rumput laut.

Bupati didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung Wayan Durma, serta Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Klungkung Wayan Ardiasa. Bupati Suwirta mengatakan sosialisasi ini untuk menyampaikan kepada para petani rumput laut bahwa dalam pemasaran/penjualan rumput laut nanti akan dilakukan oleh koperasi. Para petani masuk ke dalam wadah koperasi dan koperasi akan menyalurkan rumput laut kepada perusahaan.

Dengan menjalankan konsep koperasi, para petani yang masuk dalam wadah koperasi itu juga nantinya akan menerima SHU (sisa hasil usaha) sesuai perhitungan yang dinikmati setiap tahun. Bupati berharap sosialisasi ini menjadi bahan atau dasar langkah berikutnya dalam pembuatan perjanjian. “Setelah sosialisasi ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian. Tentu akan kami sampaikan lagi kepada para petani rumput laut,” ujar Bupati Suwirta.

Manager PT Indonusa Algaemas Prima AA Sri Agung Anggreni, didampingi Direktur Fandi Winyoto dan Eksportir Rumput Laut Ni Komang Ribek, berharap para petani rumput laut bisa menjaga kualitas rumput laut Nusa Penida. Dengan kualitas yang terjaga itu akan menjaga kestabilan harga rumput laut. *wan

Komentar