nusabali

Penyeberangan Sanur-Nusa Penida Meningkat 60 Persen

  • www.nusabali.com-penyeberangan-sanur-nusa-penida-meningkat-60-persen

DENPASAR, NusaBali
Libur panjang yang dimulai dengan cuti bersama Rabu (28/10) lalu, membuat penyeberangan wisatawan dari Pantai Sanur menuju Nusa Penida dan Nusa Lembongan meningkat sebanyak 60 persen dari hari biasanya di tengah pandemi Covid-19.

Pelaksana Harian KSOP Benoa Wilayah Kerja Sanur, Ketut Suratnata saat dihubungi, Jumat (30/10), mengatakan lonjakan penumpang terasa sejak  Kamis (29/10) lalu menuju Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Dikatakannya penumpang juga signifikan mencapai 1.000 orang per harinya.

Pada Kamis dan Jumat kemarin, penumpang membludak terutama pada pagi hari. Dalam sehari, sekitar 10-15 kapal yang berangkat.  "Sejak kemarin (Kamis) ada sekitar 2.000 orang penumpang. Dari kemarin memang benar-benar keliatan ada lonjakan siginifikan satu boat bisa dua sampai tiga kali bolak balik," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, lonjakan terjadi sekitar 60 persen dari hari biasanya di masa pandemi Covid-19 ini. Hari biasa, penumpang yang terdata menuju Nusa Penida dan Nusa Lembongan hanya berkisar 100-200 penumpang. Tetapi sejak masa cuti bersama yag serangkaian dengan hari libur nasional Maulid Nabi Muhammad SAW, lonjakan sangat tinggi.

Kebanyakan kata Suratnata, penumpang merupakan wisatawan lokal dan domestik yang ingin menghabiskan libur panjangnya di Nusa Penida ataupun Nusa Lembongan. Sementara untuk wisatawan asing tidak begitu signifikan hanya 1-2 orang. Itu pun wisatawan yang memang menetap di Bali dari sebelum masa pandemi Covid-19.

Menurut Suratnata, mengenai protokol kesehatan di tengah lonjakan penumpang, pihaknya memastikan tidak terjadi kelebihan atau menumpuknya penumpang. Dia mengaku juga bekerjasama dengan Satgas Penanganan Covid-19 baik tingkat desa,, Kota Denpasar maupun bekerjasama dengan TNI/Polri.

Sementara itu, staf KSOP kelas II Benoa Wilayah Kerja Sanur Agus  Sudharma menambahkan, prediksi tingginya penumpang akan terjadi hingga Sabtu (30/10) nanti. Terutama untuk wisatawan lokal yang bertepatan dengan hari purnama. Dia menyebutkan tujuan penumpang lebih banyak ke Nusa Penida saat ini.

Masalah harga tiket, diakui Agus Prio tidak ada perubahan, baik saat ini ataupun sebelumnya dan sebelum pandemi covid-19. "Harga tiket masih tetap sama,  tidak ada perubahan. Yang kita antisipasi sekarang kan arus baliknya mungkin hari Minggu, karena terakhir libur panjang mereka," ungkapnya. *mis

Komentar