nusabali

Tingkat Kesembuhan Denpasar di Atas Rata-Rata

  • www.nusabali.com-tingkat-kesembuhan-denpasar-di-atas-rata-rata

DENPASAR, NusaBali
Trend tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Denpasar hingga Jumat (30/10), mencatat pencapaian menggembirakan.

Terdata dari 3.235 pasien terkonfirmasi Covid-19, sebanyak 2.971 pasien sudah sembuh. Dengan tingkat kesembuhan mencapai 92,15 persen sebagaimana data Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Bali, Denpasar hanya kalah dibandingkan Bangli yang tingkat kesembuhan mencapai 92,80 persen. Sedangkan tingkat kesembuhan di Bali sendiri tercatat 90,17 persen.

Terakhir, pada Jumat (30/10) kemarin,  sebanyak 16 pasien di Denpasar dinyatakan sembuh. Di balik itu ada penambahan 13 kasus baru dan 1 korban meninggal dunia. Hingga saat ini korban meninggal dunia sebanyak 76 orang (2,35 persen), dan yang masih dalam perawatan sebanyak  176 orang (5,44 persen).  “Kami mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan,” kata Juru Bicara GTPP Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

Pada Jumat kemarin diumumkan satu pasien meninggal dunia, seorang perempuan usia 67 tahun yang berdomisili di Kelurahan Dangin Puri. Pasien dinyatakan positif Covid-19 pada 23 Oktober 2020 dan dinyatakan meninggal dunia pada 24 Oktober 2020 dengan penyakit penyerta atau komorbid Diabetes Militus dan Hipertensi.

Perkembangan kasus positif Covid 19 di Kota Denpasar dalam beberapa hari terakhir diakui Dewa Rai masih fluktuatif, namun demikian masyarakat harus tetap waspada serta disiplin menerapkan protokol kesehatan,.

“Mari bersama sama lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah, mengingat dua klaster yakni klaster keluarga dan perjalanan dalam daerah masih  mendominasi, hal ini mengingat arus mobilitas di Denpasar sangat tinggi, disamping juga ada klaster upacara keagamaan dan klaster perkantoran," ujar Dewa Rai.

Sementara itu terkait penambahan kasus positif, tersebar di 8 wilayah desa/kelurahan yakni Kelurahan Penatih, Desa Kesiman Kertalangu, Desa Peguyangan Kangin, Kelurahan Peguyangan dan Desa Ubung Kaja yang mencatatkan penambahan kasus tertinggi dengan 2 kasus positif baru.

Disusul Desa Padangsambian Kaja, Desa Dauh Puri Kauh dan Kelurahan Pemecutan yang mencatatkan kasus positif sebanyak 1 kasus. Sedangkan, sebanyak 35 desa/kelurahan tidak mencatatkan penambahan kasus positif baru.  

Melihat perkembangan kasus ini Dewa Rai kembali mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 tidak semakin meluas.  "Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, selain itu mari bersama terapkan 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan) serta menghindari 3 R (ramai-ramai, rumpi-rumpi dan ruangan sempit)," kata Dewa Rai. *mis

Komentar