nusabali

Hari Libur, Disdukcapil Tabanan Jemput Bola

Kejar Target Rekam KTP Karena Pilkada

  • www.nusabali.com-hari-libur-disdukcapil-tabanan-jemput-bola

TABANAN, NusaBali
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tabanan terus menggenjot perekaman KTP elektronik  kepada 1.700 jiwa penduduk yang belum melakukan perekaman e-KTP.

Karena target perekaman tuntas pada November 2020, terutama untuk menyukseskan Pilkada 2020. Maka hari libur pun petugas tetap melayani perekaman KTP dengan sistem jemput bola.

Layanan jemput bola difokuskan pada 13 desa di Kecamatan Baturiti, Tabanan. Kkarena sebelumnya memang terkendala akibat Covid-19.

Kepala Disdukcapil Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana menjelaskan, memasuki libur panjang, layanan di Disdukcapil Tabanan tetap buka khusus yang online. Hanya saja jika permintaan layanan online banyak, maka layanan tatap muka akan dibuka. “Apabila permintaan layanan online membeludak, maka layanan tatap muka akan dibuka. Jadi intinya kami standby,” ungkapnya, Kamis (29/10).

Menurutnya, selain Disdukcapil siaga dalam melayani masyarakat Tabanan, khusus dihari libur Sabtu dan Minggu. Saat libur panjang ini tetap melakukan layanan jemput bola untuk perekaman KTP elektronik. Layanan jemput bola difokuskan di Kecamatan Baturiti, karena sebelumnya perekaman e-KTP si wilayah ini terkendala karena Covid-19. “Jadi Sabtu dan Minggu kami melayani jemput bola khusus perekaman e-KTP,” imbuhnya.

Dikatakan, layanan jemput bola dilakukan pada hari libur, untuk mengejar 1.700 orang penduduk Tabanan berhak KTP, namun belum melakukan perekaman. Bahkan nanti jika jumlah ini tuntas melakukan perekaman langsung cetak KTP elektronik agar bisa memilih pada Pilkada 2020 mendatang. “Keping KTP masih tersedia dan stok masih aman,” tandasnya.

Sebelumnya, perekaman data e-KTP dengan sistem jemput bola di Kecamatan Baturiti tertanggu. Karena pendemi Covid-19 di wilayah itu. Jadwal perekaman data yang sudah ditetapkan, akhirnya digeser.

Di sisi lain, layanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) tutup selama libur panjang ini dan akan buka kembali mulai Senin, 2 November 2020. Alasan layanan ditutup, saat libur panjang ini karena cuti bersama hanya sekali, selebihnya Sabtu dan Minggu, memang hari libur biasa.

“Layanan tatap muka kami tutup karena cuti bersama hanya sekali,” kata Sekretaris DPMPPTSP Tabanan I Wayan Sukandra Yasa. *des

Komentar