nusabali

TC di Belanda, Shin Cari Pemain Blasteran

  • www.nusabali.com-tc-di-belanda-shin-cari-pemain-blasteran

JAKARTA, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong memiliki misi terselubung dari pemusatan latihan (TC) di Belanda.

Ya, Shin ingin sekalian mencari pemain keturunan. Pasalnya, bukan rahasia lagai banyak pemain keturunan Indonesia tersebar di Belanda. Mereka rata-rata memiliki darah dari orangtua dan kakek neneknya.

Bahkan sejumlah pemain muda Belanda berdarah Indonesia secara terang-terangan ingin membela Timnas Indonesia U-19. Kondisi ini tentu menguntungkan Shin Tae-yong yang butuh pemain blasteran.

"Kenapa ke Belanda? Sebab, di sana banyak tim-tim yang bagus dan Belanda juga negara papan atas di ranking FIFA," ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan.

"Shin Tae-yong memang menyampaikan, di sana banyak pemain keturunan. Dia bisa sambil memantau. Siapa tahu ada pemain yang berpotensi. Tetap, saya tidak akan ikut campur soal pemilihan pemain. Saya serahkan ke Shin Tae-yong dan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri," kata Iriawan.

Selain Belanda, PSSI juga menyiapkan dua opsi lokasi TC Timnas U-19, yakni Jepang dan Korea Selatan. Sebetulnya, niatan awal PSSI menimba Timnas U-19 di Prancis. Tapi, pembatalan Turnamen Toulon 2020 membuat semua rencana berantakan.

"Kami perlu korespondensi dulu dan harus ada izin dari Federasi Sepak Bola Belanda dan pemerintah. Di sana, timnya kuat-kuat," kata Iwan Bule, panggilan akrab Iriawan. *

Komentar