nusabali

Buleleng Rancang Mall Pelayanan Publik Plus Bioskop

  • www.nusabali.com-buleleng-rancang-mall-pelayanan-publik-plus-bioskop

Realisasi layanan terpadu di satu tempat ini menunggu pengajuan pinjaman dana PEN ke pemerintah pusat.

SINGARAJA, NusaBali
Tak mau kalah dengan Kota Denpasar dan Kabupaten Badung yang memiliki Mall Pelayanan Publik, kini Kabupaten Buleleng juga merancang berdirinya fasilitas pelayanan publik terpadu untuk mempermudah akses masyarakat dalam urusan pelayanan.

Mall Pelayanan Publik ini  akan menaungi seluruh urusan mulai dari pengurusan administrasi kependudukan, pengurusan izin hingga pembayaran pajak. Untuk mewujudkannya, Mall Pelayanan Publik ini sudah dimasukkan usulan mendapatkan pinjaman dana pusat, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pemkab Buleleng saat ini telah menyiapkan lahan seluas 34 are di Jalan Pramuka tepat di sebelah utara Polres Buleleng atau di depan SMAN 1 Singaraja. Aset tanah milik Pemkab Buleleng itu rencananya akan dibangun gedung berlantai tiga.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Kamis (29/10),  menjelaskan pembangunan Mall Pelayanan Publik ini merupakan sebuah inovasi yang diinstruksikan oleh pemerintah pusat sebagaimana seruan Presiden Joko Widodo.

“Pak Presiden memberikan seruan bagaimana pemerintah berinovasi mempercepat pelayanan di masyarakat, baik perizinan utamanya pembayaran pajak yang terkoneksi satu kantor, sehingga masyarakat tidak keliling ngurus satu-satu cukup satu tempat saja,” ucap Bupati Agus Suradnyana.

Mall Pelayanan Publik ini selain mengefisienkan waktu juga dapat mempercepat pekerjaan petugas di instansi pemerintahan. Lahan yang cukup representatif di pusat kota ini selain akan membuka seluruh pelayanan juga dirancang dilengkapi bioskop di lantai tiga. Sehingga dapat menjadi alternatif masyarakat Buleleng untuk berefreshing dan mencari hiburan di tengah kepenatan aktivitas harian.

Saat disinggung soal anggaran, Bupati yang akrab disapa PAS ini mengaku masih menunggu persetujuan PEN. Jika anggaran yang disetujui mencukupi, maka pembangunan akan dilanjutkan. Pengajuan pinjaman PEN ini disebutnya memiliki manfaat yang luar biasa untuk menghilangkan stagnasi pembangunan. Pinjaman PEN yang diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur di pemerintah daerah ditargetkan dapat mempercepat dan memberi kesempatan masyarakat menggerakkan roda perekonomian.

“Harapan kami PEN ini dapat mengatasi stagnasi pembangunan cepat selesai, semuanya bergulir dengan cepat. PEN dilihat dari substansi sangat bermanfaat untuk pemulihan ekonomi dan akselerasi pembangunan di Buleleng,” jelas Bupati Agus Suradnyana.*k23

loading...

Komentar