nusabali

Ngurah Ambara Ngayah di Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka

  • www.nusabali.com-ngurah-ambara-ngayah-di-pura-dang-kahyangan-taman-mumbul-sunia-loka

DENPASAR, NusaBali
Tokoh masyarakat yang juga Calon Walikota Denpasar 2020, Gede Ngurah Ambara Putra, tangkil ngayah dan ngaturang bhakti di Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka di Banjar Belong Menak, Desa Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, pada Wraspati Pon Krulut, Kamis (29/10) siang.

Ambara diundang karena di Pura tersebut dilaksanakan Upacara Pecaruan Rsi Gana, Melaspas, lan Mupuk Pedagingan yang merupakan rangkaian Karya Ngenteg Linggih di Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka. Dalam upacara yang dipuput oleh Ida Pedanda Tenten Sukawati, Gianyar, juga dihadiri tokoh setempat.

Ambara yang tokoh masyarakat dan putra dari tokoh veteran Made Dama ini ikut melakukan prosesi Mendem Pedagingan di Pelinggih Dalem Peed Ring Jaba Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka di Banjar Belong Menak, Desa Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, tersebut. Caleg DPD RI Dapil Bali di Pileg 2019 ini juga sempat ngaturang bhakti.

Seusai melaksanakan Upacara Mendem Pedagingan, Ngurah Ambara mengatakan Provinsi Bali, dan salah satunya Kota Denpasar merupakan destinasi wisata dunia yang mengusung konsep pariwisata budaya. “Potensi ini yang harus dikembangkan untuk memajukan Denpasar sebagai kota berwawasan budaya dan ekonomi kreatif,” ucap Ambara.

Bahkan yang utama adalah bisa tetap mempertahankan nilai-nilai luhur kearifan lokal yang sudah turun temurun diwariskan oleh nenek moyang. “Karena budaya yang kita miliki merupakan salah satu identitas diri masyarakat Bali, salah satunya masyarakat Kota Denpasar. Maju dalam perkembangan global tanpa tercabut dari akar budaya kita,” tutur Ambara.

Sementara Manggala Karya, Anak Agung Kartika, menambahkan rangkaian dari upacara di Pura Dang Kahyangan Taman Mumbul Sunia Loka di Banjar Belong Menak, Desa Pemecutan Kaja, Denpasar Utara kemarin dilaksanakan Ngenteg Linggih seperti Pemelaspasan, Pecaruan, lan Mendem Pedagingan.

“Kemudian untuk puncak upacara piodalan jatuh pada Purnama kelima, Saniscara Kliwon Krulut, Sabtu (31/10) mendatang,” kata Kartika. *nat

Komentar