nusabali

KPU Badung Rancang Debat Terbuka Kedua pada 10 November 2020

  • www.nusabali.com-kpu-badung-rancang-debat-terbuka-kedua-pada-10-november-2020

MANGUPURA, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung merencanakan pelaksanaan debat terbuka pemilihan satu pasangan calon (paslon) yang kedua pada Selasa, 10 November 2020 mendatang.

Kini KPU Badung masih terus mematangkan persiapan dalam pelaksanaan debat kedua nanti, termasuk soal tema debat yang bakal diangkat. “Kami masih melakukan rapat terkait pelaksanaan debat terbuka. Kami merancang debat terbuka kedua pada 10 November 2020. Untuk tempatnya masih tetap sama yakni di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kecamatan Kuta Selatan,” kata Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta, Kamis (29/10).

Mengenai tema debat terbuka kedua nanti, Kayun sapaan akrab I Wayan Semara Cipta, masih enggan membeberkan karena alasan belum final. Namun, secara umum tema debat pada pelaksanaan Pilkada Badung sudah diatur. Di antaranya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional, dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebangsaan.

Di samping itu, materi debat juga memuat materi kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan, dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). “Kalau pada pelaksanaan debat terbuka pertama pada 24 Oktober 2020, kami di Badung mengambil tema Strategi Tata Kelola dan Tata Laksana Menuju Good and Clean Governance dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Badung,” ucap Kayun.

Bagaimana dengan debat terbuka kedua nanti, pria asal Banjar Cabe, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, itu menegaskan belum diputuskan. Namun tema debat tetap mengacu pada ketentuan yang sudah digariskan.

Kayun mengatakan, pada pelaksanaan debat terbuka pertama ada catatan penting yang dijadikan evaluasi untuk debat terbuka kedua nanti. Yaitu soal waktu pelaksanaan debat yang berbarengan dengan daerah lain. “Debat terbuka pertama yang dilaksanakan oleh KPU Badung dan KPU Karangasem nyaris dilaksanakan di waktu yang bersamaan. Bedanya hanya satu jam saja. Semoga nanti pada pelaksanaan debat terbuka kedua tidak terjadi lagi,” kata Kayun.

“Makanya kami akan berkoordinasi lebih lanjut dengan KPU Provinsi Bali, supaya jadwalnya tidak berbenturan lagi, sehingga masyarakat bisa fokus menyaksikan penyampaian visi dan misi paslon,” harapnya.

Sekadar mengingatkan, KPU Badung sukses menyelenggarakan debat terbuka satu pasangan calon (paslon) pada Sabtu (24/10), di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kecamatan Kuta Selatan sekitar pukul 18.00 Wita. Debat dipandu oleh Dr Drs AA Gede Oka Wisnumurti MSi selaku moderator. Sementara untuk Tim Panelis meliputi Dr I Gusti Agung Mas Rwa Jayantiari SH MKn, Dr Ni Made Eka Mahadewi MPar CHE CEM, Dr I Nyoman Mahaendra Yasa, SE MSi, Prof Dr Ir I Nyoman Rai MS, dan Dr Ni Luh Riniti Rahayu MSi.

KPU Badung menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada Badung 9 Desember 2020 mendatang sekitar 85 persen. Itu sebabnya KPU Badung mengajak seluruh masyarakat Gumi Keris datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya. *asa

loading...

Komentar