nusabali

Tebing Tusan Dihiasi Relief Bermotif Wayang Kamasan

  • www.nusabali.com-tebing-tusan-dihiasi-relief-bermotif-wayang-kamasan

SEMARAPURA, NusaBali
Setelah dipasangi tulisan 'Selamat Datang di Kabupaten Klungkung', tebing sisi badat Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, perbatasan Kabupaten Klungkung - Gianyar, kembali ditata pada tahun 2020.

Tebing tersebut kaan dipercantik dengan pemasangan relief bermotif Wayang Kamasan. Kabid Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Klungkung Anak Agung Anom Duarasoma mengatakan, penataan lanjutan tebing Desa Tusan tahun dilaksanakan pada September - Desember 2020. Dengan anggaran sebesar Rp 1.392.930.000, meliputi pembuatan senderan tebing, relief, dan lainnya. "Tebing kaan kami perkuaat dengan coran beton sampai ke atas, kemudian ditambah finishing ornamen," ujar Agung Duarasoma, Kamis (29/10). Kata dia, relief khas Wayang Kamasan tersebut untuk menambah unsur seni sehingga pemandangan pun menjadi lebih indah.

Kata Duarasoma, penyenderan tebing sangat diperlukan karena rental longsor hingga potensial merusak ikon tapal batas Kabupaten Klungkung dari arah barat tersebut. Kata dia, penataan awal tebing tersebut dilengkapi aneka patung. Di mana ikon ikon itu kerap dijadikan tempat foto selfie oleh warga maupun wisatawan. Ada juga warga menjadikan tempat ini untuk bersantai terutama ketika sore hari. Penataan tebing Desa Tusan tersebut menggunakan anggaran APBD Klungkung Rp 2 miliar dengan nilai proyek Rp 1.983.048.432, dikerjakan CV Sumber Mas Rejeki.

Sebelumnya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi pemilik lahan di areal perbatasan sisi timur antara wilayah Klungkung-Gianyar, I Dewa Putu Gede, di rumahnya Banjar Tusan Kawan, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Kamis (16/1). Dewa Putu Gede merupakan pemilik lahan di perbatasan Klungkung-Gianyar yang  digunakan oleh Pemkab Klungkung untuk proses penataan daerah tersebut. *wan

loading...

Komentar