nusabali

Penumpang Meningkat hingga 15 Persen

Libur Panjang dan Pergerakan Penumpang di Terminal Mengwi

  • www.nusabali.com-penumpang-meningkat-hingga-15-persen

Pergerakan penumpang di Terminal Mengwi rata-rata per hari 350–400 orang. Saat libur panjang menjadi 500–600 orang per hari.

MANGUPURA, NusaBali
Libur panjang berkaitan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, membuat aktivitas di Terminal Mengwi, Kecamatan Mengwi, Badung, lebih ramai daripada biasanya. Pergerakan penumpang yang datang dan berangkat meningkat hingga 15 persen ketimbang hari biasanya.

Peningkatan penumpang bus di terminal tipe A satu-satunya di Bali ini diakui Koordinator Terminal Tipe A Mengwi I Putu Bagus Mudita. Menurut dia, peningkatan penumpang mulai terlihat sejak Senin (26/10) lalu. Atau tiga hari sebelum masa cuti bersama, Rabu (28/10) hingga Minggu (1/11) mendatang.

“Senin kemarin sudah ramai penumpang di Terminal Mengwi. Kami perkirakan naik 10 sampai 15 persen, walau tidak signifikan namun bisa dirasakan,” ujarnya, Kamis (29/10).

Berdasarkan data dari pihak Terminal Mengwi pada Senin (26/10) jumlah pergerakan penumpang sebanyak 683 orang dengan jumlah armada 45. Semua itu terdiri dari jumlah penumpang keberangkatan sebanyak 524 orang dan yang datang sebanyak 159 orang.

Begitu juga keesokan harinya pada Selasa (27/10), jumlah pergerakan penumpang sebanyak 557 orang dengan jumlah armada sebanyak 34. Dengan rincian penumpang yang berangkat sebanyak 432 orang dan yang datang sebanyak 125 orang.

Sementara pada Rabu (28/10), jumlah pergerakan penumpang mencapai 651 orang dengan jumlah armada 39. Dengan rincian penumpang yang berangkat sebanyak 576 orang dan yang datang sebanyak 76 orang.

“Untuk hari ini (Kamis kemarin) kami belum melakukan rekapitulasi. Namun, jika dilihat dari data, dominan penumpang yang berangkat ketimbang penumpang yang datang atau masuk Bali,” ungkap Mudita. Dia menyebut tujuan penumpang yang berangkat dari Terminal Mengwi menuju sejumlah kota besar di Pulau Jawa di antaranya Banyuwangi, Surabaya, dan Jogjakarta.

Bila dibandingkan dengan hari biasanya, lanjut Mudita, pergerakan penumpang rata-rata per hari hanya 350 orang sampai 400 orang saja. Alhasil, kondisi di Terminal Mengwi pada hari biasanya sangat sepi. Pandemi Covid-19 disebutnya menjadi alasan kenapa Terminal Mengwi sepi. “Di masa pandemi Covid-19 ini kami akui terminal sangat sepi,” tandasnya. *asa

loading...

Komentar