nusabali

Bupati Eka Resmikan LPKS Bali Cak Tourism School

  • www.nusabali.com-bupati-eka-resmikan-lpks-bali-cak-tourism-school

TABANAN, NusaBali
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti meresmikan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Bali Cak Tourism School, di Desa Kuwum, Kecamatan Marga, Tabanan, Selasa (27/10).

Peresmian LPKS ini ditandai dengan pemotongan tumpeng disertai dengan penandatanganan prasasti tanda peresmian.

Hadir di acara itu Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga serta beberapa anggota dewan, owner LPKS Bali Cak Tourism School I Nyoman Suadiana beserta jajaran manajemen, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Pertanian Tabanan beserta unsur Muspika Kecamatan Marga.

Sebelum peresmian, Bupati Eka mengatakan masyarakat Tabanan patut berbangga dengan kehadiran LPKS Bali Cak Tourism School. “Karena kita tidak boleh berpikir negatif tentang pariwisata. Kita harus berpikir positif, karena 70 persen hidup kita bergantung pada pariwisata,” ujar Bupati Eka.

Kata dia, meskipun di masa pandemi ini sektor pariwisata mengalami penurunan yang sangat drastis, bukan berarti harus berhenti bergerak dan berusaha. “Tinggal kita nantinya harus tetap melakukannya dengan protap kesehatan yang ada. Karena bukan berarti dengan adanya Covid, kita harus berhenti berbuat, berhenti bergerak, berhenti berusaha, ataupun berhenti sekolah,” tegas Bupati Eka.

Bupati Eka juga berharap kehadiran LPKS Bali Cak Tourism School ini bisa menjalin kerjasama yang baik khususnya dengan pemerintah, sehingga mampu memberikan kontribusi yang baik bagi pembangunan di Tabanan. “Dan juga jaga kualitas dan komitmen yang telah diterapkan, sehingga LPKS ini nantinya bisa berkembang,” pinta Bupati Eka.

Sementara itu, Nyoman Suadiana menjelaskan bahwa LPK Bali Cak Tourism School memiliki dua program unggulan, yakni, Program 1 tahun/Basic Level dan Program 2 tahun/Middle Level.

“Program Basic Level memiliki 4 jurusan bidang kompetensi, yakni front office/kantor depan, food & beverage service/tata hidangan, culinary/juru masak, dan housekeeping/tata graha. Sedangkan Middle Level memiliki 2 jurusan bidang kompetensi, seperti room division/divisi kamar dan food & beverage division,” jelas Suadiana.

Sudiana menambahkan, LPKS Bali Cak Tourism School telah menggandeng PT Perwita Manning Agency. “Nantinya akan membantu proses penempatan, baik itu ke hotel darat di dalam negeri maupun di luar negeri, begitu juga dengan kapal pesiar yang ada di Eropa dan Amerika,” ujar Sudiana.

Ditambahkannya pihaknya terus berupaya dan berinovasi menyediakan tenaga pengajar yang bukan saja handal di bidang akademis tapi juga di bidang praktisi. Sehingga keberadaan LPKS ini dapat diterima dengan baik dan secara langsung dapat membantu masyarakat atau generasi muda Tabanan pada khususnya dan Bali pada umumnya. *des

Komentar