nusabali

Hibah KONI Tabanan Tak Kunjung Cair

  • www.nusabali.com-hibah-koni-tabanan-tak-kunjung-cair

Jika KONI kabupaten/kota lainnya masih ada kucuran dana, maka KONI Tabanan benar-benar setop selama 10 bulan.

TABANAN, NusaBali
Hibah KONI Tabanan sebagaimana tertera dalam APPD Perubahan senilai Rp 400 juta tak kunjung cair. Padahal pada anggaran induk tahun 2020, KONI Kabupaten Tabanan sudah tidak mendapatkan anggaran karena realokasi untuk penanganan pandemi Covid-19. Namun, harapan anggaran cair di perubahan juga belum ada kejelasannya.

Padahal sejumlah persyaratan adminitrasi telah dipenuhi oleh KONI Kabupaten Tabanan. "Anggaran yang sempat dijanjikan memang belum cair. Padahal anggaran Rp 400 juta itu sangat kami butuhkan sekali. Sebab, kami banyak melakukan pengeluaran di bulan sebelumnya. Dan ini sudah masuk bulan ke-10 kami memang belum dapat anggaran," ungkap Sekum KONI Tabanan Made Nurbawa, Selasa (27/10).

KONI Kabupaten Tabanan pun terpaksa mencari pinjaman untuk pemenuhan kebutuhan selama 10 bulan. ”Bahkan kami akui gaji untuk pegawai di sekretariat KONI Tabanan juga ada yang belum terbayarkan. Bagaimana mau dibayar, karena memang anggaran belum ada. Meskipun nanti gajinya dibayarkan, tetap ada rasionalisasi. Tidak mendapatkan gaji full seperti tahun sebelumnya. Dan, nominalnya tentu menyesuaikan dengan anggaran yang ada,” katanya.

Harapannya, anggaran itu bisa cair tidak sampai lewat bulan Oktober. “Mudah-mudahan minggu ini sudah bisa cair. Sebab, banyak hal yang harus ditutup. Termasuk mengkover pengeluaran sebelumnya," tutur Nurbawa.

Hanya saja pihaknya yakin anggaran yang telah dijanjikan pemerintah akan cair. Meskipun saat ini sifatnya masih menunggu. "Soal anggaran akan dihabiskan dinolkan atau apa, yang jelas itu sesuai dengan kebutuhan yang ada. Kami memang bergerak selama ini tanpa anggaran," tandas Nurbawa.

Untuk itu, jika anggaran sudah terealisasi nantinya akan digunakan untuk mendorong cabor aktif kembali menggelar kegiatan. Terutama agar proses latihan di tiap cabor bisa bergeliat lagi. Kembali beraktivitas melakukan proses pembinaan secara normal kembali. Apalagi ada rencana seperti cabor Petanque untuk menggelar kegiatan. Semacam kejuaraan namun itu baru sebatas rencana. Sebab, semua itu masih menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Dan, semua itu tergantung anggaran yang akan diterima. Mudah-mudahan secepatnya direalisasikan oleh Pemerintah dan masuk ke rekening KONI Tabanan.

Perlu diketahui Tabanan menjadi satu-satunya daerah yang nihil anggaran di APBD induk 2020. KONI lainnya di Bali meskipun ada rasionalisasi anggaran, namun tetap diberikan suntikan resmi dari pemerintah. Sehingga masih bisa melakukan kegiatan meskipun cukup terbatas. Sementara KONI Tabanan memang berjalan selama 10 bulan tanpa anggaran. *dek

loading...

Komentar