nusabali

TP PKK Gianyar Serahkan Bantuan 3.000 Bibit Tanaman Hatinya PKK

  • www.nusabali.com-tp-pkk-gianyar-serahkan-bantuan-3000-bibit-tanaman-hatinya-pkk

GIANYAR, NusaBali
Tahun 2021, TP PKK Kabupaten Gianyar melalui program Hatinya PKK, tidak lagi terfokus pada pemberian bibit tanaman. Namun fokus program pada pengolahan hasil pertanian/perkebunan menjadi produk makanan.

Demikian ditegaskan Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra, saat memberikan bantuan bibit tanaman Hatinya PKK di Pendopo Sekretariat Kantor TP PKK Kabupaten Gianyar, Senin (26/10).

Bantuan itu merupakan CSR dari PT Indonesia Power Generation Unit kepada 10 desa di Gianyar, Program hatinya PKK ni tahun depan, jelas Surya Adnyani, tetap fokus pada Hatinya PKK dengan sub pengawasan atau kontrol. Setelah tanaman berbuah dan menghasilkan lebih, harus diolah. Mungkin tidak bisa menyasar seluruh desa, akan ada pilot project di satu desa, seperti pelatihan pengolahan cabai atau tomat dibuat menjadi saos, tanaman bayam dibuat menjadi kripik dan lainya. Hatinya PKK bersinergi dengan Puspa Aman dan TPS 3R.  Istri Bupati Gianyar Made Mahayastra ini berharap agar pihak kecamatan rutin memantau tiga program ini. TPS 3R pemilahan sampah di rumah tangga juga menjadi fokus tahun 2021.

“Tahun 2020 ini kami fokus memberikan bantuan bibit tanaman. Karena  tanaman ini bersifat musiman, ini tentunya inovasi dari ibu-ibu kader di rumah tangga  diharapkan dalam pembibitan. Selanjutnya nanti kita akan fokus pengolahan hasil penanaman,” tegas Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Ditambahkan, saat ini 70 desa/kelurahan sudah mendapat bantuan Hatinya PKK. Ke depannya jangan lagi menunggu bantuan karena harus sudah mulai bisa pembibitan sendiri. Sesuai konsep Hatinya PKK yaitu memenuhi kebutuhan keluarga yang memang dibutuhkan oleh keluarga tersebut. Disana kita berikan tanaman seperti sayur-sayuran seperti terong, cabai, seledri dan lain-lain. Kebutuhan seperti ini sifatnya murah, tapi ini merupakan kebutuhan sehari-hari. Dimana jika ini terpenuhi di rumah tanpa harus membeli, dan  jika diakumulasi dari segi biaya tentu akan sangat membantu keluarga. “Saya mengapresiasi pergerakan ibu-ibu PKK di kecamatan dan desa yang sudah luar biasa. TP PKK Kabupaten giat bergerak, berinovasi, memberi bantuan atau apa pun. Tetapi kalau tidak didukung oleh PKK kecamatan dan desa, tentu kami tidak bisa berbuat apa-apa,”  kata Ny Surya Adnyani Mahayastra

Pada kesempatan itu, Surya Adnyani menyerahkan bantuan 3.000 polybag bibit tanaman Hatinya PKK yang CSR  dari PT Indonesia Power Generation Unit. Bibit ini yakni seledri, cabai, pepaya, terong, tomat, dan pare. Untuk 10 desa, masing-masing desa mendapatkan 300 bibit.*nvi

Komentar