nusabali

Operasi Zebra Sasar Pengendara di Bawah Umur

  • www.nusabali.com-operasi-zebra-sasar-pengendara-di-bawah-umur

GIANYAR, NusaBali
Operasi Zebra Lempuyang 2020 akan mulai digelar Senin (26/10). Prioritas utama penindakan yakni pengendara di bawah umur.

Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana mengatakan, Ops Zebra akan berlangsung sampai 8 November 2020. Selain pengendara di bawah umur, ada 3 pelanggaran lain yang siap ditindak. Diantaranya pengendara tanpa helm, pengendara melawan arus dan kendaraan besar atau laju lambat yang menggunakan jalur kanan.

Operasi Zebra Lempuyang 2020 di Kabupaten Gianyar diawali dengan gelar apel yang dilaksanakan oleh personil di Mapolres Gianyar, Senin (26/10) pagi. Dalam gelar apel yang langsung dipimpin Kapolres AKBP Dewa Made Adnyana ini, menekankan kepada personil yang terlibat agar melaksanakan operasi dengan sebaik-baiknya.

Kapolres Gianyar, AKBP I Dewa Made Adnyana, mengatakan bahwa Operasi Zebra 2020 ini dilaksanakan selama 14 hari. "Untuk pelaksanaan Operasi Zebra Lempuyang 2020 yang dilaksanakan Polres Gianyar ini dimulai dari tanggal 26 Oktober sampai tanggal 8 November 2020, dalam kegiatan ini tentu saja kita akan lakukan tindakan presuasif dan tentunya memberikan tindakan hukum kepada pelanggar aturan lalu lintas," ujarnya.

Dilanjutkan oleh Kapolres bahwa operasi ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya laka lantas yang berakibat fatal bagi pengguna jalan raya, "Ini untuk mencegah fatalitas kecelakaan karena tidak tertib mentaati peraturan lalulintas," jelasnya.

Kasatlantas Polres Gianyar, AKP Trisna Dewi Wieryawan ditemui usai apel menjelaskan, khusus untuk anak di bawah umur pengendara sepeda motor yang terjaring operasi, polisi akan memanggil orangtua. "Berarti mereka belum memiliki surat-surat. Jadi, ketika kita telah ditindak itu kita tidak langsung memberikan mereka pergi, tapi nantinya mereka harus dijemput oleh orang tuanya atau keluarganya," ujarnya.

Dikatakan oleh Kasatlantas bahwa dalam operasi ini petugas memberikan tindakan tegas kepada pelanggar lalu lintas. "Sebelumnya kita sudah memberikan sosialisasi dan teguran, tapi saat Operasi Zebra Lempuyang 2020 ini kita tindak tegas," katanya.

Sedangkan dalam sehari digelarnya operasi tersebut, AKP Laksmi memaparkan terdapat lima pengendara yang ditilang, dan puluhan diberikan teguran. “Hari ini ditilang lima orang, diberikan teguran 20 orang. Dan pengguna kendaraan melawan arus tiga orang, sementara pengendara di bawah umur dua orang,” imbuhnya. *nvi

Komentar