nusabali

Sehari, Tabanan Tambah 11 Kasus Baru Corona

  • www.nusabali.com-sehari-tabanan-tambah-11-kasus-baru-corona

Pada hari yang sama, jumlah pasien sembuh dari Covid-19 juga sebanyak 11 orang.

TABANAN, NusaBali

Kabupaten Tabanan menambah angka kasus Covid-19 dalam sehari mencapai 11 orang. Jumlah ini kembali meningkat setelah selama tiga hari, kasus Covid-19 melandai. Di sisi lain, jumlah kasus baru seimbang dengan banyaknya pasien yang sembuh, yakni 11 orang.

Rincian kasus baru ini tersebar di 5 kecamatan. Kecamatan Tabanan penyumbang kasus terbanyak berjumlah 5 orang. Kelima orang dimaksud adalah pegawai kontrak berjenis kelamin perempuan, usia 48 tahun, tanpa gejala. Kemudian pensiunan PNS, laki-laki, usia 69 tahun, dengan keluhan demam. Balita 1 tahun mengalami kejang. Ibu rumah tangga, usia 46 tahun, mengeluhkan lemas, dan laki-laki usia 36 tahun tanpa gejala.

Lalu disusul Kecamatan Kediri ada 3 orang, yakni, ibu rumah tangga, usia 48 tahun, mengeluhkan batuk disertai mual. Pensiunan, laki-laki, usia 64 tahun, dengan keluhan diare, dan pegawai swasta, laki-laki, usia 35 tahun, dengan keluhan sakit demam.

Di Kecamatan Marga ada 1 orang, perempuan hamil, usia 28 tahun, mengeluhkan anosmia. Kecamatan Pupuan, pegawai kontrak, usia 46 tahun, tanpa gejala. Kecamatan Selemadeg 1 orang, pedagang, usia 81 tahun, mengeluhkan demam disertai sesak napas.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Tabanan I Putu Dian Setiawan, menjelaskan, 11 kasus baru ini sudah mendapat penanganan. Mereka terpapar karena kontak erat dengan rekan kerja serta ada pula yang memang mengeluhkan gejala Covid-19, kemudian berobat lalu dinyatakan positif Covid-19. “Dari 11 kasus baru ini, 4 orang dirawat di hotel terintegrasi dan 6 orang dirawat di rumah sakit berbeda,” kata Dian Setiawan.

Menurut Dian Setiawan, angka kasus baru ini kembali meningkat, namun juga diimbangi kasus sembuh. “Sekarang yang sembuh ini jumlahnya 11 orang, imbang dengan kasus baru,” ucapnya.

Di satu sisi Satgas Penanganan Covid-19 baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan terus meningkatkan penegakan disiplin masyarakat terkait kepatuhan menjalankan protokol kesehatan. Dengan dilakukan razia penggunaan alat pelindung diri (APD) yang disertai sanksi, cukup berpengaruh meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Sejauh ini, Dian Setiawan merinci, jumlah akumulasi pasien Covid-19 di Kabupaten Tabanan sebanyak 783 kasus, sebanyak 688 pasien telah dinyatakan sembuh, 62 pasien masih menjalani perawatan maupun isolasi terpadu, dan 33 orang meninggal dunia.

“Saya yakin, tidak ada yang ingin angka kasus baru terus bertambah. Untuk itu kami harapkan, mari bersama-sama gotong royong menekan angka kasus penyebaran dengan sadar pentingnya menerapkan protokol kesehatan serta menjaga jarak fisik,” tandas Dian Setiawan. *des

Komentar