nusabali

Musisi Se-Tabanan Siap Menangkan Jaya-Wira

  • www.nusabali.com-musisi-se-tabanan-siap-menangkan-jaya-wira

TABANAN, NusaBali
Pasangan I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira), Cabup-Cawa¬bup yang diusung PDIP bersama Gerindra di Pilkada Tabanan 2020, terus mendapat dukungan dari komponen masyarakat Tabanan.

Kali ini untuk pertama kalinya musisi se-Kabupaten Tabanan berkumpul dan siap memenangkan Jaya-Wira di Pilkada Tabanan, 9 Desember 2020 nanti. Dukungan itu terungkap saat Cabup Komang Gede Sanjaya tatap muka bersama musisi se-Tabanan di Warung Sawira, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, Sabtu (24/10) siang pukul 11.00 Wita.

Kepada Cabup Sanjaya musisi di Tabanan meminta ke depan agar lebih diperhatikan. Bahkan Cabup Sanjaya berjanji siap men-support dengan memberikan ruang. Di mana Jumat, Sabtu, Minggu diprogramkan acara agar kota Tabanan menjadi lebih hidup.

Perwakilan Musisi Tabanan, I Gede Putu Yudi Satria Wibawa, mengatakan selama ini musisi di Tabanan memang kurang ada komunikasi. Bahkan hingga sekarang belum memiliki satu wadah mengatasnamakan Tabanan. Padahal memiliki potensi besar, karena banyak seniman besar lahir di Tabanan baik itu seniman tradisional dan musisi.

Apalagi sekarang pada masa kepemimpinan Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti bersama Komang Gede Sanjaya telah dibangun sebuah wadah Garuda Wisnu Serasi (GWS), Gedung Kesenian I Ketut Maria dan Museum Sagung Wah yang memang diperuntukkan untuk seniman Tabanan untuk tampil dan berkarya. Sebelumnya Cabup Sanjaya setiap event dan pertunjukan selalu mensupport. “Jadi kami siap mendukung, karena siapa lagi, yang lainnya mungkin membantu saat ada event saja,” katanya.

Tak hanya itu alasannya mendukung Jaya-Wira karena diyakini bisa memfasilitasi musisi dan seniman di Tabanan. “Ini jelas tersirat dan tersurat dalam program kerjanya Jaya-Wira ketika mendapat pilihan,” tandasnya. Satria Wibawa menambahkan perwakilan musisi yang hadir dalam tatap muka ini berjumlah 30 orang. Usai pertemuan tersebut akan membuat satu wadah yang difungsikan untuk menjalin komunikasi.

Cabup Komang Gede Sanjaya menegaskan ini adalah hari bersejarah sebab untuk pertama kalinya musisi Tabanan yang belum memiliki satu wadah bisa berkumpul. “Jadi silakan bentuk wadah sebagai tempat untuk mengkomunikasikan kegiatan,” kata politisi PDIP asal Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan ini.

Menurutnya musisi Tabanan hebat-hebat. Sebelum pandemi Covid-19, di setiap event di Kuta, Sanur dan lainnya dipastikan musisi Tabanan selalu hadir. Hanya saja di Tabanan tidak ada tempat dan ruang untuk mengekspresikan bakatnya tersebut.

Oleh karena itu ketika Jaya-Wira menang, musisi dan seniman akan diberikan ruang, diberikan panggung, supaya musisi yang ada di luar bisa pulang kampung untuk bisa membangun identitas di Tabanan dan bisa menjadikan Tabanan sebagai rumah musik. “Jadi musisi Tabanan ini bisa berekspresi di rumahnya sendiri, itu harapan kita,” tegas Ketua DPC PDIP Tabanan yang sudah dua kali periode menjabat Wakil Bupati Tabanan pendamping Ni Putu Eka Wiryastuti (2010-2015, 2016-2021) ini.

Dan ke depan, jika teripilih musisi dan seniman di Tabanan akan dibuatkan program. Mengingat panggung sudah ada, setiap Jumat, Sabtu dan Minggu akan diisi oleh musisi dan seniman di Tabanan sehingga kota Tabanan menjadi hidup. “Ini cita-cita besar kita, semoga bisa terwujud,” harap Cabup Sanjaya.

Dalam tatap muka itu juga dihadiri oleh sejumlah kader PDIP Tabanan, mulai dari I Gusti Komang Wastana, I Putu Desta Kumara, AA Sagung Ani Ariani dan AA Nyoman Darma Putra.

Sebelumnya Pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Tabanan, I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) juga mendapat amunisi dukungan dari petani se-Kabupaten Tabanan. Hal ini terungkap saat Paslon Jaya-Wira melaksanakan tatap muka dengan tokoh Subak aliran Sungai Yeh Hoo, di Bendungan Telaga Tunjung, Desa Timpag, Kecamatan Kerambitan, pada Jumat (23/10). Acara tatap muka itu langsung dikawal Ketua Tim Pemenangan Jaya-Wira, I Made Urip. Pekaseh Agung Yeh Hoo Kabupaten Tabanan, I Wayan Pasek Arimbawa, mengatakan sesuai hasil rapat, sudah sepakat dan secara bulat mendukung penuh paslon Jaya-Wira pada 9 Desember mendatang. “Alasan mendukung Jaya-Wira ini karena Cabup Komang Gede Sanjaya diyakini mampu mensejahterakan petani di sekitaran aliran Sungai Yeh Hoo,” ujarnya. *des

loading...

Komentar