nusabali

Tim Yustisi Badung Sidak Disiplin Masker di Tiga Desa

  • www.nusabali.com-tim-yustisi-badung-sidak-disiplin-masker-di-tiga-desa

MANGUPURA, NusaBali
Tim yustisi penegakan protokol kesehatan (Prokes) yang dikomando Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kembali melakukan kegiatan inspeksi mendadak (sidak) masker sekaligus edukasi kepada masyarakat di Kecamatan Mengwi, Jumat (23/10).

Kegiatan yang dilakukan serentak itu digelar di tiga desa, yakni Desa Mengwi, Desa Gulingan, dan Desa Penarungan. Kasatpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan kegiatan sidak masker dan edukasi penerapan prokes tersebut dilaksanakan bersama tim gabungan. “Kegiatan ini dilakukan oleh tim gabungan seperti TNI/Polri, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan, Dinas Kebakaran dan Penyelamatan, dan Dinas Perhubungan serta satgas di desa adat dan dinas,” katanya.

Menurut Suryanegara, tidak hanya sidak pelanggaran masker, tim yustisi juga melakukan penyemprotan disinfektan. “Jadi ada tiga kegiatan sekaligus dengan tema serentak dan serempak,” katanya. Birokrat asal Denpasar ini mengakui, masih saja ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat, khusus terkait pelanggaran masker. Pasalnya, ternyata masih banyak masyarakat abai tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Masih kita temukan pelanggaran di lapangan. Padahal, selama ini kami sudah gencar melakukan sidak dan edukasi kepada masyarakat,” kata Suryanegara. Berdasarkan data dari Satpol PP Badung, dari awal sidak yang dilaksanakan pada 19 September 2020 sampai kemarin jumlah pelanggaran mencapai 2.550 pelanggaran.

“Pelanggaran yang ditemukan di lapangan misalnya tidak menggunakan masker, memakai masker tidak benar, serta perlengkapan prokes pada tempat usaha,” jelas mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung itu.

Suryanegara pun kembali mengimbau agar masyarakat patuh atas arahan pemerintah. Yakni  menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah dan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. “Mari sama-sama menaati imbauan dari pemerintah dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Badung, guna menekan penyebaran Covid-19,” imbaunya. *asa

loading...

Komentar