nusabali

KPU Bali Pemutakhiran Data Pemilih di Tiga Kabupaten

Walau Tahun Ini Belum Gelar Pilkada

  • www.nusabali.com-kpu-bali-pemutakhiran-data-pemilih-di-tiga-kabupaten

DENPASAR, NusaBali
Walaupun tidak menghadapi Pilkada seperti 6 daerah lain di Bali, KPU Bali lakukan pemutakhiran data pemilih pemilu di  Kabupaten Klungkung, Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Gianyar.

Pemutakhiran data pemilih pemilu ini antisipasi supaya KPU tidak kelabakan ketika 3 daerah ini menyusun data pemilih menghadapi Pilkada nantinya. Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gde Lidartawan, di Kantor KPU Provinsi Bali, Jumat (23/10) siang mengatakan pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Gianyar, Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Buleleng dilakukan dengan memperbarui data pemilih dan sudah diplenokan pada, Rabu (21/10) lalu. "Kita perbarui data pemilih di Gianyar, Buleleng, Klungkung. Walaupun mereka di daerahnya tidak ber Pilkada. Memang kesannya sepele, tetapi kita perbarui supaya ketika Pilkada digelar nanti tidak kelabakan," ujar Lidartawan.

Pemutakhiran yang dilakukan terhadap data pemilih di daerah yang tidak berPilkada ini memastikan pemilih yang sudah meninggal dan pemilih yang 17 tahun pada saat Pilkada dilaksanakan. Pilkada di Kabupaten Gianyar dan Klungkung kemungkinan akan digelar pada Pilkada serentak 2024. Sementara Pilkada Buleleng pada 2022 mendatang. "Ketika data ini diperlukan nanti coklit (pencocokan dan penelitian lebih mudah). Karena divalidasi secara periodik," ujar mantan Ketua KPU Kabupaten Bangli ini.

Apakah saat Pilkada di 3 daerah ini tetap dilakukan validasi data pemilih? "Oh ya tetap. Karena itu sudah aturan. Disampingi itu proses penetapan daftar pemilih tetap kan dimulai dengan pemutakhiran data pemilih dengan menggunakan data Dinas Kependudukan. Saat validasi data kemarin dan diplenokan kita hadirkan Disdukcapil kabupaten. Hanya saja dengan pemutakhiran kali ini KPU di 3 daerah Gianyar, Klungkung dan Buleleng nanti lebih mudah melakukan validasi untuk menetapkan daftar pemilih tetap ketika Pilkada. Karena datanya segar terus," tegas Lidartawan.

Untuk pembiayaan kegiatan pemutahiran data pemilih ini Lidartawan mengatakan bersumber dari APBN 2020. Pleno pemutakhiran dilakukan di Sekretariat KPU Provinsi Bali bersama jajaran KPU Bangli, KPU Gianyar, KPU Buleleng dengan protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19 yang sangat ketat. "Untuk kegiatan pemutakhiran murni dari APBN," tegas Lidartawan.

Sementara Anggota KPU Bali Divisi Perencanaan dan Data, I Gusti Ngurah Darmasanjaya, mengungkapkan jumlah rekapitulasi data pemilih berkelanjutan periode tahun 2020 yang tersebar di Kabupaten Gianyar, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Klungkung total berjumlah 1.111.809, dengan rincian 554.774 adalah pemilih laki-laki, sementara sebanyak 557.035 pemilih perempuan.

Sementara Anggota KPU Bali Divisi Sosialiasi, Pendidikan Pemilih , Partisipasi Masyarakat dan SDM, Gede Jhon Darmawan mengatakan proses pemutakhiran data pemilih dilaksanakan berdasarkan surat edaran KPU RI Nomor 550/PL.02.1-SD/01/KPU/VII/2020 tentang permintaan data pemilih hasil pemutakhiran berkelanjutan Tahun 2020. "Pemutakhiran dilakukan per triwulan. Ini sudah triwulan III," ujar mantan Ketua KPU Kota Denpasar ini. *nat

loading...

Komentar