nusabali

Petugas Damkar Tangkap Ular Sawah

  • www.nusabali.com-petugas-damkar-tangkap-ular-sawah

AMLAPURA, NusaBali
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem menangkap ular sawah di BTN Kertalangu Blok D/33, Lingkungan Telaga Mas, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Kamis (22/10) sekitar pukul 12.10 Wita.

Ular sawah sepanjang 70 cm berdiameter sekitar3 cm ditangkap di kamar tamu rumah I Wayan Sukerena.  Pemilik rumah, I Wayan Sukerena, minta bantuan petugas Damkar untuk tangkap ular. Laporan diterima Sopir Regu I, I Ketut Kariadi. Kasi Bimtek Dinas Damkar Karangasem, I Kadek Mas Putra Yasa, bersama empat anggotanya langsung menuju lokasi. Sekitar 10 menit, ular sawah yang ‘bertamu’ di rumah Wayan Sukerena berhasil ditangkap oleh I Nengah Wardika dan I Ketut Kariana.

Nengah Wardika mengaku petugas Damkar Karangasem telah beberapa kali menangkap ular berbisa, mulai dari ular kobra, ular hijau, ular sawah, dan sebagainya. Mereka tidak punya keahlian khusus dan tidak pernah mengikuti pelatihan. “Karena tanggungjawab, ada penugasan maka kami memberanikan diri menangkap ular berbisa. Walau tanpa didukung peralatan memadai,” ungkap Nengah Wardika. Cara menangkapnya dengan menggunakan tongkat untuk menahan kepala ular. Selanjutnya ular ditangkap lalu dimasukkan ke dalam karung plastik.

Dikatakan, saat mengevakuasi sarang tawon cukup sederhana. “Hanya dengan menggunakan kapas diisi bensin dimasukkan ke lubang sarang tawon, maka induk tawonnya mati lalu sarangnya diangkat,” jelasnya. Nengah Wardika berharap ada pelatihan menangkap binatang berbisa dan dilengkapi fasilitas memadai. Sehingga lebih optimal dan merasa aman dan nyaman bertugas di lapangan. *k16

loading...

Komentar