nusabali

6 Program Pelatihan Naker Kembali Dijalankan

  • www.nusabali.com-6-program-pelatihan-naker-kembali-dijalankan

TABANAN, NusaBali
Enam program pelatihan tenaga kerja (naker) dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tabanan, mulai dijalankan Sebelumnya pelatihan ini sempat tertunda karena kasus Covid-19 di Tabanan masih tinggi.

Peserta pelatihan sangat antusias hingga tak kekurangan peserta. Enam paket pelatihan tersebut yakni pelatihan membuat roti, mengolah hasil pertanian, las, teknisi AC dan sepeda motor, serta menjarit.


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tabanan I Putu Santika menegaskan, enam paket program pelatihan ini bantuan pusat. Sebelumnya program tersebut tertunda karena Covid-19 Tabanan. “Sekarang sudah mulai berjalan, tadi (kemarin, Red) pembukaan, besok (Jumat ini) mulai pelatihan,” ungkapnya, Kamis (22/10).

Kata dia, karena peserta sangat antusias maka tidak ada kouta program pelatihan sampai kosong. Satu paket maksimal diikuti 16 peserta, sehingga harus ada seleksi peserta.

Kendati pelatihan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, jelas Santika, seluruh peserta wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Pelatihan ini selama 28 hari. “Kami harapkan, bagi peserta yang mengikuti pelatihan bisa menambah ilmu untuk bisa memiliki skil pekerjaan,” harap Santika.

Untuk diketahui, Disnakertrans Tabanan sesuai dengan arah Kementerian Tenaga Kerja, membuka 10 paket pelatihan tahun 2020. Per paket pelatihan diikuti 16 orang sehingga total peserta 160 orang. Dinas ini juga sempat  membuat pelatihan Barista dan menjahit dan sudah uji kompetensi. Setelah mendapat sertifikat, sebagian besar peserta pelatihan kerap mengikuti tes lagi atau uji kompetensi untuk mendapatkan lisensi. *des

Komentar