nusabali

Sering Rusak, Besi Grill Drainase Dibongkar

  • www.nusabali.com-sering-rusak-besi-grill-drainase-dibongkar

NEGARA, NusaBali
Besi grill drainase di gapura sebelah timur Taman Pecangakan, jalan keluar-masuk kawasan Civic Center Pemkab Jembrana, dibongkar oleh Pemkab setempat.

Besi grill drainase itu, rencananya akan diganti pasangan beton. Penggantian besi grill drainase tersebut dilakukan mengingat sudah berulang kali rusak, dan membahayakan pengguna jalan.

Pantauan Kamis (22/10), adanya pembongkaran besi grill drainase di timur lapangan Taman Pecangakan, sebelah barat Kebun Raya Jagatnatha Jembrana itu, dibarengi penutupan jalan. Namun yang ditutup sementara hanya setengah, sesuai dengan bagian besi grill drainase yang sudah terbongkar.

“Dibongkar bertahap. Nanti besi grill di gapura yang ada di barat (sebelah timur Pengadilan Negeri Negara), juga akan dibongkar. Tapi nanti difokuskan dulu yang di timur, baru kemudian yang di barat, biar kendaraan tetap bisa lewat,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Jembrana, I Wayan Widnyana, Kamis (22/10).

Menurut Widnyana, besi grill itu, rencananya akan diganti pasangan beton. Penggantian besi grill itu, dikerjakan satu paket dengan kegiatan pembangunan trotoar di Jalan Panji Sakti, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, yang dianggarkan total Rp 700 juta. “Besi grill itu, diganti karena sering rusak. Hampir setiap tahun rusak karena dilalui kendaraan. Setiap rusak, lonjoran besinya juga kan selalu membahayakan. Daripada terus begitu, lebih baik diganti gunakan beton agar lebih kuat,” ujarnya.

Widnyana menambahkan, penggunaan besi grill di atas saluran drainase itu, sebelumnya bertujuan mempermudah pembuangan air. Tetapi kenyataannya, kendati menggunakan besi grill itu, masih sering terjadi genangan banjir. Khususnya pada jalan di gapura sebelah timur. “Di sana sering banjir, masalahnya karena saluran drainase ada yang tersumbat. Waktu ini, juga sudah kami tangani. Untuk penggantian nanti, juga sudah dibuatkan pembuangan air,” pungkasnya. *ode

Komentar